Kompas TV nasional peristiwa

FIFA dan AFC Ungkap Komitmen Siap Kolaborasi dengan PSSI agar Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 18:01 WIB
fifa-dan-afc-ungkap-komitmen-siap-kolaborasi-dengan-pssi-agar-tragedi-kanjuruhan-tak-terulang
Perwakilan FIFA dan AFC bersama sejumlah pengurus PSSI melakukan konferensi pers terkait Tragedi Kanjuruhan, Rabu (12/10/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sama-sama menaruh perhatian khusus mereka dan siap membantu Indonesia agar Tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi di masa depan. 

Seperti diketahui, pemerintah telah mengumumkan akan membentuk tim bersama FIFA dan AFC, yang akan berkolaborasi dengan PSSI, untuk melakukan transformasi sepak bola di Indonesia. 

Sejumlah perwakilan dari dua badan sepak bola internasional itu sudah datang ke Indonesia untuk memulai pembicaraan. 

Salah satunya adalah FIFA Development Project Coordinator Niko Nhouvannasak yang sudah berada di Jakarta dalam beberapa hari terakhir. 

Pada konferensi pers bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan perwakilan AFC, Rabu (12/10/2022), Niko kembali menegaskan komitmen FIFA untuk membantu Indonesia, yakni dengan akan mengirimkan sejumlah ahli untuk membuat rencana perbaikan. 

Saat ini, pihak FIFA masih mengumpulkan data dan berbagai informasi untuk mengetahui apa sebenarnya yang masih kurang dalam sepak bola Indonesia. 

"Kami sudah mengerahkan para ahli kami untuk membantu PSSI untuk membuat action plan. FIFA, AFC, dan PSSI, kami bekerja dengan pemerintah Indonesia untuk memastikan semua orang di Indonesia bisa menikmati sepak bola dengan cara terbaik," kata Niko. 


Baca Juga: Datangi Indonesia, Pihak FIFA Sampaikan Belasungkawa & Pastikan Indonesia Aman untuk Gelar FIFA U-20

"FIFA dan AFC di sini, bersama PSSI, untuk memastikan dukungan agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan," imbuhnya. 

Dukungan serupa juga diberikan oleh AFC yang diwakili Deputi Sekretaris Jenderal AFC Shin Man Gil. 

Dalam kesempatan tersebut, dia mewakili Presiden AFC Salman bin Ibrahim Al Khalifa dan Sekjen AFC Datuk Seri Windsor John untuk mengucapkan belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober lalu. 

Lebih lanjut, Shin Man Gil mengatakan bahwa Indonesia adalah anggota penting bagi AFC.

Maka dari itu, ia mengatakan pihaknya bakal membantu PSSI agar kejadian seperti di Stadion Kanjuruhan tidak terulang lagi dan kompetisi di Indonesia bisa berjalan lancar dengan aman. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x