Kompas TV regional peristiwa

Pengelola Bantah Tol BSD Jadi Penyebab Banjir, Apa Katanya?

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 16:38 WIB
pengelola-bantah-tol-bsd-jadi-penyebab-banjir-apa-katanya
Ilustrasi. Imbas hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore, Tol BSD dilanda banjir. Pengemudi diimbau untuk menggunakan jalur alternatif. (Sumber: Kompas.com/Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto buka suara terkait banjir yang terjadi di sekitar wilayah tersebut. Sebelumnya diberitakan, ruas tol Jakarta menuju BSD, Tangerang Selatan, terendam banjir sekitar 90 sentimeter.

Purwoto mengatakan, banjir disebabkan berubahnya fungsi lahan dari daerah resapan air menjadi pemukiman. Hal ini diutarakan seperti pernyataan dari Kementerian PUPR.

"Intinya bahwa kita sampaikan tol ini bukan penyebab banjir tetapi tadi sudah disampaikan (Kementerian PUPR) terjadinya penyempitan sungai dan berubahnya fungsi lahan yang tadinya resapan air menjadi pemukiman sehingga mengurangi resapan air," jelasnya, Rabu (5/10/2022), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Banjir di Tol BSD Serpong, YLKI: Harusnya Tarif Gratis dan Diberikan Ganti Rugi

Sementara jika jalan tol tersebut kembali mengalami banjir, pengelola jalan tol BSD akan menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Serpong akan diminta melewati Gerbang Tol Parigi.

"Jadi untuk kendaraan yang dari Jakarta menuju ke Serpong itu nanti di Gerbang Pondok Ranji itu kita belokkan ke arah Gerbang Parigi, nanti masuk di Tol MTN masuk lagi ke Tol BSD itu di kilometer 9," tutur Purwoto.

Kemudian untuk kendaraan dari Serpong menuju Jakarta akan dialihkan menuju Tol Serpong-Kunciran.

Baca Juga: Hampir 1 Meter, Tol Jakarta-BSD KM 8 Terendam Banjir! Kemacetan Panjang Tak Terhindarkan

"Selanjutnya masuk ke Jakarta, itu yang kita lakukan sehingga bisa mengurangi penumpukan kendaraan di antrean," ucap Purwoto.

Diberitakan sebelumnya, banjir yang melanda ruas tol kilometer 8 tersebut membuat kemacetan panjang.

Kanit Turjawali Polres Tangsel Iptu Rokhmatullah mengatakan ketinggian air di Tol BSD KM 08 mencapai 90 sentimeter.

"Sementara jalan Tol (BSD) Serpong-Pondok Aren mengalami kepadatan arus lalu lintas dikarenakan di Km 08 ada genangan air setinggi 90 sentimeter," kata Rokhmatullah, Selasa (4/10/2022), dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x