Kompas TV nasional kesehatan

Kulit Berjerawat, Beruntusan, Kusam, hingga Break Out? Bisa jadi Tanda Microbiome Tak Seimbang

Rabu, 28 September 2022 | 04:05 WIB
kulit-berjerawat-beruntusan-kusam-hingga-break-out-bisa-jadi-tanda-microbiome-tak-seimbang
Ilustrasi jerawat yang sering muncul di wajah. (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Microbiome atau yang dikenal sebagai virus, jamur, bakteri dan archaea di tubuh memiliki peran penting bagi imunitas. 

“Microbiome kulit yang seimbang akan memperkuat skin barrier, melindungi kulit dan membantu menjaga kulit terhadap virus dan bakteri berbahaya," kata dokter spesialis kulit Sulistyaningrum, Selasa (27/9/2022) dilansir dari Antara.

Saat kondisi microbiome tak seimbang, akan muncul sejumlah masalah di kulit, di antaranya jerawat, beruntusan, kusam, warna kulit tidak rata, dan break out.

Baca Juga: Benarkah Jerawat yang Susah Diobati Akibat Faktor Genetik? Ini Jawaban Dokter

"Dermatitis atopik atau eksim, psoriasis, bisul di ketiak, ketombe, berkaitan juga dengan microbiome (tak seimbang), bau badan juga erat kaitannya dengan komposisi microbiome," kata Sulistyaningrum.

Ia pun mengatakan, penyebab ketidakseimbangan microbiome salah satunya karena penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Artinya, tidak sesuai kebutuhan dan jenis kulit. 


Oleh karena itu, dia menyarankan orang-orang untuk mengetahui profil kulit masing-masing karena setiap orang memiliki kebutuhan kulit berbeda, begitu juga dengan penanganannya.

"Kalau kulitnya aman, tidak bermasalah, dan microbiome-nya seimbang, cukup dengan nutrisi atau cukup menggunakan skincare yang menjaga keseimbangan microbiome kulit," kata Sulistyaningrum.

Baca Juga: Awas, Buat yang Tinggal di Kota Besar! Gaya Hidup Tak Sehat hingga Stres Jadi Pemicu Utama Jerawat

 


Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x