Kompas TV nasional peristiwa

Atas Berpeci, Bawah Seragam Polisi, Inilah Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna dari Polda Metro Jaya

Selasa, 27 September 2022 | 15:40 WIB
atas-berpeci-bawah-seragam-polisi-inilah-pasukan-basmalah-dan-asmaul-husna-dari-polda-metro-jaya
Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna Polda Metro Jaya. (Sumber: ANTARA/HO-Polda Metro Jaya)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 30 orang berdiri tegap mengawal  unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022). Mereka memakai peci putih di kepala mereka, dan bawahannya memakai pakaian lengkap kepolisian.

Seragam kepolisian lengkap dengan pelbagai atribut polisi, plus warna cokelat sebagaimana seragam polisi yang kita kenal. Mereka adalah pasukan yang disebut sebagai pasukan Basmalah dan Asmaul Husna.

Apa dan bagaimana tugas dari pasukan Basmalah dan Asmaul Husna ini?

Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Metro Jaya AKBP Yudhistira, menjelaskan tentang sosok 30 personel yang disebut Pasukan Basmallah dan Asmaul Husna ini.

Yudhistira menjelaskan, Pasukan Basmallah dan Asmaul Husna adalah pasukan polisi yang berasal dari Polda Metro Jaya.

Tugas mereka, menghadirkan suasana damai dan kondusif.

"Tugas dari Pasukan Basmalah dari Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya sesuai arahan Pak Kapolda Metro Jaya, pertama kita memohon kepada Allah SWT supaya situasi dan kondisi dalam upaya penyampaian aspirasi dan pengamanannya dapat berjalan lancar dan dilindungi oleh Allah, dan tidak anarkis dan sebagainya," katanya di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Yudhistira lantas berharap lantunan doa yang dibacakan oleh Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna bisa membantu menjaga situasi kondusif di tengah massa aksi.

"Kita harapkan dan kita yakin saudara-saudara kita ini banyak yang muslim untuk bisa menahan amarah dan provokasi dan tetap ingat kepada Allah SWT," ujarnya.

Pasukan Basmalah Polda Metro Jaya juga diharapkan bisa menjaga moral para anggota pasukan pengamanan yang bertugas agar tidak terpancing provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Kemudian satu sisi kita juga menjaga moral dari pada anggota khususnya TNI-Polri untuk tetap tenang dan tidak terpancing provokasi dan sebagainya," tutur Yudhistira.

Baca Juga: Penjelasan Kapolda Metro Jaya Kerahkan Pasukan Basmalah-Asmaul Husna Kawal Demo

Disiapkan Polda Metro



Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Sosok Ferry Mursyidan di Mata Presiden Jokowi

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:18 WIB
Close Ads x