Kompas TV nasional rumah pemilu

Fakta-fakta Dewan Kopral, Dibentuk Relawan Ganjar Saingi Dewan Kolonel Puan untuk Pilpres

Kompas.tv - 22 September 2022, 10:41 WIB
fakta-fakta-dewan-kopral-dibentuk-relawan-ganjar-saingi-dewan-kolonel-puan-untuk-pilpres
Sejumlah ulama di Provinsi Sumatera Barat mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Ketika muncul Dewan Kolonel untuk Puan, para relawan Ganjar ternyata bentuk Dewan Kopral (Sumber: ANTARA/HO-Relawan Ganjan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jika sejumlah loyalis Puan Maharani dari PDI Perjuangan membentuk Dewan Kolonel, maka sejumlah pendukung dan relawan Ganjar Pranowo dikabarkan akan membentuk Dewan Kopral.

Baik Dewan Kopral maupun Dewan Kolonel sama-sama ditujukan untuk Pemilu 2024 mendatang. Pembentukan soal Dewan Kopral ini dijelaskan Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel. 

Ia menyampaikan, pihaknya akan membentuk Dewan Kopral untuk menandingi Dewan Kolonel bentukan sejumlah kelompok dari Fraksi PDI-P DPR.

Berikut ini merupakan fakta-fakta menarik terkait dengan Dewan Kopral. 

Fakta-fakta Dewan Kopral

Menyaingi Dewan Kolonel 

Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel menjelaskan, Dewan Kopral adalah bentuk antitesa dari Dewan Kolonel.

Noel meyakini, Dewan Kopral bisa bersaing dengan Dewan Kolonel yang dibuat untuk meningkatkan citra Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.


 

Adapun Dewan Kopral dibentuk untuk menyiapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebagai calon presiden.

"Kita bakal membentuk juga namanya Dewan Kopral. Iya dong, kalau elite bisa bentuk Dewan Kolonel, kita akan bentuk Dewan Kopral," kata Noel dilansir Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Megawati Kaget Ada “Dewan Kolonel” di Fraksi PDIP untuk Puan Maharani, Minta Hasto Segera Luruskan

Relawan Ganjar Tidak Main-main soal Dewan Kopral 

Noel juga menegaskan, pihaknya tak main-main dalam membentuk Dewan Kopral tersebut.

Alasannya, kata dia, Dewan Kopral justru lebih banyak anggotanya. Sebab isinya adalah masyarakat, bukan para elite politik. 

Di sisi lain, menurutnya Dewan Kopral adalah para pendukung Ganjar yang disebut bakal berisikan elemen masyarakat, bukan elite politik.

"Seluruh komponen pendukung, relawan mas Ganjar. Entah itu dari kiai, mahasiswa, buruh, tani, kita akan membentuk Dewan Kopral," ungkapnya.

Baca Juga: Saingi Dewan Kolonel, Relawan Ganjar Bentuk Dewan Kopral



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x