Kompas TV internasional kompas dunia

Sekitar 230 Paus Terdampar di Pantai Tasmania Australia Selatan, Tim Penyelamat Berjibaku

Rabu, 21 September 2022 | 13:58 WIB
sekitar-230-paus-terdampar-di-pantai-tasmania-australia-selatan-tim-penyelamat-berjibaku
Sekitar 230 paus terdampar di pantai barat Tasmania, hanya beberapa hari setelah 14 paus sperma ditemukan terdampar di sebuah pulau di lepas pantai tenggara (Sumber: Department of Natural Resources and Environment Tasmania via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

HOBART, KOMPAS.TV — Sekitar 230 paus terdampar di pantai barat Tasmania, hanya beberapa hari setelah 14 paus sperma ditemukan terdampar di sebuah pulau di lepas pantai tenggara Australia, seperti laporan Associated Press, Rabu, (21/8/2022).

Kawanan paus itu terdampar di Ocean Beach, tampaknya dari spesies paus pilot dan setidaknya setengahnya diperkirakan masih hidup, kata Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania, Rabu.

Sebuah tim dari Program Konservasi Laut sedang merakit peralatan penyelamatan paus dan menuju ke daerah itu, kata departemen itu.

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada Australian Broadcasting Corp. bahwa kawanan paus itu terlihat di dekat pintu masuk Pelabuhan Macquarie dan menggambarkan terdamparnya mereka sebagai "peristiwa besar".

David Midson, manajer umum Dewan Pantai Barat, mendesak warga untuk tetap waspada.

"Paus adalah spesies yang dilindungi, bahkan setelah mati, dan mengganggu bangkai adalah pelanggaran," kata departemen lingkungan.

Sebelumnya pada hari Senin, (19/9/2022) empat belas paus sperma ditemukan terdampar di pantai King Island, bagian dari negara bagian Tasmania di Selat Bass antara Melbourne dan pantai utara Tasmania.

Baca Juga: Petugas Selidiki Penyebab Kematian Paus Yang Terdampar

Sekitar 230 paus terdampar di pantai barat Tasmania, hanya beberapa hari setelah 14 paus sperma ditemukan terdampar di sebuah pulau di lepas pantai tenggara (Sumber: Guardian)

Ilmuwan kelautan Universitas Griffith, Olaf Meynecke, mengatakan bahwa paus tidak biasa terdampar di pantai.

Dia mengatakan suhu yang lebih hangat juga dapat mengubah arus laut dan memindahkan sumber makanan tradisional paus.

"Mereka akan pergi ke daerah yang berbeda dan mencari sumber makanan yang berbeda," kata Meynecke.

"Ketika mereka melakukan ini, mereka tidak dalam kondisi fisik terbaik karena mereka mungkin kelaparan sehingga ini dapat membuat mereka mengambil lebih banyak risiko dan mungkin lebih dekat ke pantai."

Departemen tersebut mengatakan bahwa paus sperma tidak biasa terlihat di Tasmania.

Dua tahun lalu, sekitar 470 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di gundukan pasir di lepas pantai barat Tasmania dalam rekor terdampar massal terbesar di Australia.

Setelah upaya selama seminggu, 111 dari paus itu berhasil diselamatkan tetapi sisanya mati.

Baca Juga: Perahu Pemancing di Selandia Baru Dijungkalkan Paus, Lima Orang Tewas

Paus pilot sirip pendek. Terdapat dua jenis paus pilot, yaitu sirip pendek dan panjang. Paus pilot menghabiskan hampir seluruh waktunya di laut dalam, membuat mereka sulit untuk dipelajari. (Sumber: NOAA Fisheries)



Sumber : Kompas TV/Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x