Kompas TV internasional kompas dunia

Perahu Pemancing di Selandia Baru Dijungkalkan Paus, Lima Orang Tewas

Kompas.tv - 10 September 2022, 14:14 WIB
perahu-pemancing-di-selandia-baru-dijungkalkan-paus-lima-orang-tewas
Unit perahu penyelamat dan helikopter menggelar operasi evakuasi penyintas kecelakaan perahu yang terbalik di perairan Kaikoura, South Island, Selandia Baru, Sabtu (10/9/2022). Perahu ini diduga dijungkalkan paus. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Sebuah perahu pemancing yang memuat belasan orang di perairan Selandia Baru terbalik pada Sabtu (10/9/2022). Akibat kecelakaan ini, lima orang tewas dan enam orang lain berhasil diselamatkan.

Pihak berwenang menduga unit perahu sewaan berukuran 8,5 meter itu dijungkalkan paus. Polisi tengah menginvestigasi kecelakaan ini.

Insiden ini terjadi di perairan dekat Kaikoura, kota di South Island, salah satu dari dua pulau utama yang membentuk Selandia Baru.

“Ini adalah kejadian tragis dan polisi memberikan dukungan bagi mereka yang terdampak pada masa yang sangat sulit ini,” kata polisi Kaikoura, Sersan Matt Boyce dikutip Stuff via Associated Press.

Baca Juga: Kisah Unik Sahabat Nabi Temukan Ikan Paus Jadi Bangkai Lalu Dimakan, Ditanggapi Rasulullah

Menurut Wali Kota Kaikoura Craig Mackle, saat kejadian, perairan di sekitar lokasi berarus tenang. Otoritas terkait menduga seekor paus muncul dari bawah perahu dan menjungkalkannya.

Mackle menyebut terdapat sejumlah paus sperma di perairan tersebut. Juga, sejumlah paus bungkuk biasa melintasi perairan itu.


Sang wali kota mengaku sempat terpikir bahwa, mengingat jumlah paus yang berenang di perairan itu, insiden kecelakaan dengan manusia mungkin saja terjadi.

“Pikiran itu selalu terputar di kepala Anda, bahwa itu bisa terjadi,” katanya.

Kaikoura sendiri merupakan destinasi wisata menonton paus yang populer. Di perairannya, dasar laut menurun curam dibanding permukaan pesisir, membuat suatu perairan dalam yang dekat bibir pantai.

Baca Juga: Evakuasi Paus Sperma di Banyuwangi, Bangkainya Dipotong Lalu Dikubur

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x