Kompas TV olahraga sepak bola

Lolos Langsung ke Piala Asia U20 2023, Indonesia Sejajar dengan Jepang, Korea Selatan dan Iran

Kompas.tv - 18 September 2022, 23:00 WIB
lolos-langsung-ke-piala-asia-u20-2023-indonesia-sejajar-dengan-jepang-korea-selatan-dan-iran
Indonesia menyusul negara-negara besar seperti Jepang, Korea Selatan dan Iran untuk lolos langsung ke Piala Asia U20 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U20 Indonesia berhasil lolos langsung ke Piala Asia U20 2023 usai menang dengan skor 3-2 atas Vietnam, Minggu (18/9/2022). 

Kemenangan tersebut membawa Garuda Nusantara menjadi pemuncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan poin sempurna dari tiga pertandingan. 

Sebelum mengalahkan Vietnam, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sebelumnya juga mampu menang dengan skor besar atas Timor Leste (4-0) dan Hong Kong (5-1). 

Keberhasilan ini menjadikan Indonesia sejajar dengan negara-negara besar Asia yang lebih dulu memastikan tampil di putaran final Piala Asia U20 2023.

Hingga artikel ini ditulis, sudah ada lima negara yang memastikan diri lolos ke Piala Asia U20 2023 yakni Indonesia, Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan dan Iran. 

Uzbekistan tentu menjadi negara pertama yang lolos karena mereka akan menjadi tuan rumah Piala Asia U20 2023.

Tim selanjutnya yang lolos adalah raksasa Asia, Jepang. Tim Samurai Biru lolos setelah menjadi pemuncak Grup C. 

Jepang tampil sempurna saat bersaing dengan Yaman, Palestina, Laos dan Guam usai meraih kemenangan dengan total mencetak 22 gol tanpa kemasukan satu gol pun. 

Baca Juga: Hasil Timnas U20 Indonesia vs Vietnam: Drama Lima Gol, Garuda Nusantara Menang 3-2

Keberhasilan Negeri Sakura tersebut kemudian disusul oleh Korea Selatan yang sukses menjadi juara Grup E. 

Tim Negeri Ginseng itu juga tampil sempurna dengan mengalahkan tiga pesaingnya yaitu Sri Lanka (6-0), Mongolia (7-0) dan Malaysia (6-2). 

Negara besar Asia selanjutnya yang mendapat tiket ke Uzbekistan selanjutnya adalah Iran. 

Bersaing di Grup J bersama Kyrgyzstan, Uni Emirat Arab dan Brunei Darussalam, Iran juga meraih tiga kemenangan dengan selisih gol 11-0. 

Kemenangan terbesar didapat Iran saat jumpa Brunei Darussalam yang berakhir dengan skor 8-0.

Negara-negara selanjutnya yang berpeluang besar menyusul Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, Iran dan Indonesia lolos ke Piala Asia U20 2023 adalah Arab Saudi, Qatar, Yordania dan Thailand. 

Keempat negara tersebut sama-sama meraih hasil sempurna dari pertandingan yang telah mereka jalani di grup masing-masing. Selain itu, Tajikistan juga berpeluang besar lolos jika bisa mengalahkan Laos pada pertandingan yang saat ini masih berlangsung.  

Baca Juga: Bacuya Diperkenalkan, Maskot Piala Dunia U20 2023 Indonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x