Kompas TV olahraga sepak bola

Bacuya Diperkenalkan, Maskot Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Kompas.tv - 18 September 2022, 13:40 WIB
bacuya-diperkenalkan-maskot-piala-dunia-u20-2023-indonesia
Maskot resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Bacuya (Bada Cula Cahaya) diperkenalkan oleh PSSI dan Kemenpora, dalam acara CFD di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan maskot resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia di acara car free day (CFD) yang bertempat di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (18/9/2022) pagi WIB. 

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Menpora Zainudin Amali, Waketum PSSI Iwan Bidianto, Dirut PT LIB Ahmad Haian Lukita, Komite Eksekutif Endri Erawan dan Vivin Sungkono, hingga delegasi FIFA Jamie Yarza dan Christian Schmolzer. 

Maskot Piala Dunia U20 2023 Indonesia dinamai Bacuya atau kependekan dari Badak Cula Cahaya.

Baca Juga: Usai Inspeksi FIFA, PSSI: Ada Kans Stadion Piala Dunia U20 Dikurangi

Inspirasinya adalah Badak Jawa bercula satu, fauna asli Indonesia yang jika bermain sepak bola dengan anak-anak akan lebih gembira dan culanya akan menyala semakin terang. 

"Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya," papar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Hari ini saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang bernama Bacuya."

"Saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini, agar FIFA semakin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik." 

"Mungkin saja nanti Piala Dunia Senior akan diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70% masyarakat Indonesia menyukai sepakbola dan sangat antusias dengan olahraga ini," imbuhnya. 

Baca Juga: Apa Inspirasi dan Makna Logo Resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia? Simak Penjelasannya

Di sisi lain, Jaime Yarza selaku delegasi FIFA yang hadir dalam acara peluncuruan Bacuya ini menyebut Piala Dunia U20 2023 akan menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia. 

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," kata Jaime. 

Piala Dunia U20 2023 akan berlangsung di enam kota Indonesia mulai 20 Mei 2023. Rencananya, akan ada 24 tim yang akan berpartisipasi.

Untuk saat ini, sudah ada 10 tim yang memastikan bermain di putaran final Piala Dunia U20 2023. 

Selain tuan rumah Indonesia, ada empat wakil dari zona CONCACAF; Republik Dominika, Guatemala, Honduras, serta Amerika Serikat. Sedangkan Eropa (UEFA) diwakili Inggris, Prancis, Israel, Italia, serta Slovakia. 



Sumber : pssi.org


BERITA LAINNYA



Close Ads x