Kompas TV nasional rumah pemilu

Sinyal Tiga Parpol Dinilai Perbesar Jalan Anies Maju Capres 2024: Setara Ganjar dan Prabowo

Kompas.tv - 17 September 2022, 11:43 WIB
sinyal-tiga-parpol-dinilai-perbesar-jalan-anies-maju-capres-2024-setara-ganjar-dan-prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu (20/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Tri Meilani Ameliya)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat Politik dari The Political Literacy, Muhammad Hanifuddin menilai, Anies Baswedan punya modal besar untuk maju 2024.

Apalagi setelah adanya sinyal positif dari tiga partai besar, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), NasDem dan Demokrat, yang disinyalir bakal mengusungnya. 

Menurut Hanif, elektabilitas Anies dianggap cukup besar untuk diusung dan bisa membuat mesin partai bergerak lebih cepat. 

"Setidaknya ada 2 bekal Anis Bawesdan. Pertama, tingkat elektabilitas. Kedua, pengalaman berkontestasi Pilkada Jakarta 2017," paparnya saat dihubungi KOMPAS.TV Sabtu (17/9/2022). 

Baca Juga: Joman Sebut Lebih Baik Jokowi Dukung Anies daripada Maju Menjadi Cawapres di Pilpres 2024

Hanif lantas menyebutkan, meskipun bukan kader tiga parpol tersebut, Anies tetap bisa menjadi magnet. 

"Meskipun bukan kader partai, Anis memiliki daya tarik bagi beberapa partai untuk mengusungnya. Terlepas dari pro kontra Pilkada Jakarta dan kepemimpinan Anis di DKI, hingga saat ini, sosoknya tetap dimininati. Ia sejajar dengan Ganjar dan Prabowo," sambungnya. 


Meskipun begitu, ungkap Hanif, masalah Anies adalah soal komunikasi politik. 

"Tantangannya adalah komunikasi politik. Meyakinkan terbentuknya koalisi partai yang mengusungnya. Sejauh ini, Demokrat, PKS, NasDem telah memberikan respon positif, meskipun belum definitif," paparnya. 

"Di titik inilah, Anies harus memberikan narasi yang menyatukan kepentingan masing-masing partai," tutupnya. 

Baca Juga: Anies Baswedan Blak-blakan ke Media Asing Reuters Siap Nyapres

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Anies Baswedan disebut-sebut telah siap jadi capres pada 2024. Sinyal ini pun ditangkap oleh beberapa parpol. 

Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie, misalnya, menyambut baik kesiapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menurut dia, sinyal Anies ingin menjadi peserta dalam pesta demokrasi nanti menandakan kalau yang bersangkutan mengikuti suara hati masyarakat. 

"Alhamdulillah. Jadi kalau Anies sudah menyatakan bersedia ya terima kasih. Alhamdulillah karena memang dia salah satu yang dicalonkan oleh Nasdem," kata Effendi saat dihubungi awak media, Jumat (16/9/2022). 

Selain NasDem, ada Demokrat dan PKS yang disebut juga akan mendukung Anies dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Anies Siap Jadi Capres pada 2024, Nasdem: Alhamdulillah

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x