Kompas TV nasional politik

Bahas Pertahanan dan Keamanan NKRI, Presiden Jokowi Ajak Menhan Prabowo Tinjau Pulau Terluar

Jumat, 16 September 2022 | 05:05 WIB
bahas-pertahanan-dan-keamanan-nkri-presiden-jokowi-ajak-menhan-prabowo-tinjau-pulau-terluar
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan, Menteri PUPR dan Menteri Kelautan dan Perikanan mengunjungi Pulau Leti di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Kamis (15/9/2022) (Sumber: BPMI Setpres/Rusman)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengajak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Pulau Leti di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.

Pulau Leti ini berada di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste. 

Presiden Jokowi menilai perlu ada desain pertahanan dan keamanan negara di pulau terluar NKRI. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Instruksikan Mobil Listrik Digunakan Pejabat, Pengadaan Gunakan APBN dan APBD

Hal ini setelah Presiden Jokowi mengunjungi sejumlah kepulauan terluar. Di antaranya kepulauan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, kemudian Kota Tual, Saumlaki.

"Kita melihat perlunya sebuah desain untuk pertahanan dan keamanan negara, di titik mana kira-kira yang paling tepat. Ini penting karena memang ini potensi yang ada di sini perlu dilihat secara detail," ujar Presiden di daerah Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (16/9/2022).

Presiden Jokowi menyatakan pulau terluar yang sudah ditinjau ini nantinya akan dikaji oleh Menhan sebagai kawasan yang akan menjaga pertahanan dan keamanan NKRI.

"Titik-titik yang tadi saya sebutkan dalam rangka sekali lagi pertahanan dan keamanan negara," ujar Presiden.

Baca Juga: Didampingi Prabowo, Jokowi Kembali Serahkan BLT BBM di Maluku

Menhan Prabowo Subianto menyatakan Kemhan sudah mempersiapkan desain besar pertahanan negara bersifat jangka panjang sesuai perintah Presiden 2,5 tahun yang lalu. 

Hal tersebut termasuk juga pengamanan laut di kepulauan Indonesia yang menjadi jalur 60 persen perdagangan dunia.

Prabowo juga mengakui kekayaan alam di wilayah timur Indonesia sangat besar. Seperti sektor perikanan, kekayaan mineral, gas dan minyak bumi di bawah laut.

Baca Juga: Apakah Indonesia Memiliki Sistem Keamanan Siber Negara? Siapa Pihak yang Mengurus?

"Pulau-pulau terluar di kawasan ini memang harus sudah kita rancang untuk menjadi bagian dari pertahanan kita. Tentunya ini akan kita lakukan dengan teliti dan mengikutsertakan semua lembaga terkait," ujar Menhan Prabowo.

Selain Menhan Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Kabupaten Maluku Barat Daya.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x