Kompas TV internasional kompas dunia

Surat Ratu Elizabeth I kepada Sultan Alauddin dari Aceh: Minta Perlindungan dan Izin Berniaga

Kompas.tv - 14 September 2022, 06:30 WIB
surat-ratu-elizabeth-i-kepada-sultan-alauddin-dari-aceh-minta-perlindungan-dan-izin-berniaga
Ratu Elizabeth I dari Inggris, 7 September 1533 - 24 Maret 1603. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perjalanan para pedagang Inggris menjelajah dunia, sampai ke Aceh di era pemerintahan Sultan Alauddin Riayat Syah pada periode tahun 1600-an. Di masa pemerintahan Sultan Alauddin, tiga bangsa Eropa singgah di sini untuk berniaga, yaitu Belanda, Inggris, dan Prancis.  

Inggris kala itu berada di bawah Ratu Elizabeth I yang memerintah sejak 17 November 1558 hingga kematiannya pada 24 Maret 1603.

Kedatangan para pedagang Inggris diikuti oleh surat yang ditulis khusus oleh Ratu Elizabeth buat Sultan Alauddin. Surat dibawa oleh pemimpin rombongan, yaitu Sir James Lancester pada 5 Juni 1602. 

Dalam suratnya, Ratu Elizabeth memohon izin untuk berdagang dengan rakyat Aceh sekaligus meminta perlindungan selama berada di negeri Serambi Mekah itu.

Baca Juga: Rusak Momen Khidmat Iring-Iringan Jenazah Ratu Elizabeth II, Pria Ini Teriaki Pangeran Andrew!

"Elizabeth dengan restu Tuhan Ratu Inggris, Prancis, dan Irlandia, Pembela Iman dan Agama Nasrani, kepada Raja Aceh dan seterusnya yang besar dan berkuasa, di Pulau Sumatera, Saudara kami yang dikasihi, salam!", demikian bunyi pembukaan surat itu, yang dikutip dari buku Kerajaan Aceh, Zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636) terbitan KPG tahun 2006, yang ditulis oleh sejarawan Prancis Dennys Lombard.  

Surat yang cukup panjang itu berisi pujian kepada Sultan Aceh yang memperlakukan bangsa asing dengan sangat baik. Dalam surat tersebut, Ratu Elizabeth terlihat punya pengetahuan cukup baik tentang Aceh dan penguasanya. 

"Maka kami berkenan memberi izin kepada hamba kami yang dengan keinginan baik yang patut dihargai berlayar mengunjungi kerajaan Yang Mulia, betapapun besarnya bahaya dan sengsara di laut yang sudah dengan sendirinya timbul dalam pelayaran semacam itu yang (dengan restu Tuhan) benar-benar akan mereka tempuh, yaitu pelayaran yang paling jauh yang dapat ditempuh di dunia ini, dan untuk menawarkan dagangan kepada hamba Yang Mulia," demikian bunyi sebagian surat itu.

Ratu Elizabeth berharap Sultan Alauddin menerima para pedagang Inggris dengan tangan terbuka dan memberi restu mereka. Dan, berharap ada perjanjian dagang antara para pedagang Inggris dengan rakyat Aceh.

"Sekarang kalau dengan restu Yang Mulia dan dengan perlindungan dan pembelaan Yang Mulia, Paduka Yang Mulia berkenan menerima hamba-hamba kami ini sehingga sekarang dan setiap tahun..."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x