Kompas TV pendidikan beasiswa

138 Alumni Beasiswa LPDP Belum Pulang, Anggota DPR Sakit Hati: APBN Biayai Mereka Sekolah

Selasa, 13 September 2022 | 11:32 WIB
138-alumni-beasiswa-lpdp-belum-pulang-anggota-dpr-sakit-hati-apbn-biayai-mereka-sekolah
Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan ada 138 alumni LPDP yang belum kembali ke Indonesia. (Sumber: YouTube/Banggar DPR RI)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengaku sakit hati saat mengetahui ada banyak penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang kuliah di luar negeri tidak pulang setelah lulus.

Menurut Cucun, penerima beasiswa LPDP itu kerap membandingkan gaji di Indonesia dan di luar negeri sehingga enggan kembali ke Tanah Air.

“Kita membiayai semua anak-anak bangsa ini ke luar negeri pakai LPDP. Saya suka sakit denger, banyak yang kuliahnya pakai beasiswa LPDP, pas disuruh pulang ke Tanah Air, dia komparasikan gaji di luar dengan di sini,” kata Cucun dalam rapat panja asumsi dasar RUU APBN 2023, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Wakasekjen PBNU Sebut Penerima Beasiswa LPDP Tak Pulang ke Indonesia sebagai Pengkhianat Intelektual

“Sakit kan kita, APBN biayain mereka sekolah di luar negeri, ketika suruh kerja jadi orang hebat, dia nggak mau pulang. Pasti banyak itu pak,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menjelaskan bahwa pihaknya memiliki mekanisme yang mengikat alumni beasiswa LPDP untuk kembali ke Tanah Air.

Andin bilang, penerima beasiswa LPDP melakukan tanda tangan kontrak terkait rencana dan komitmen pengabdiannya. Pengabdian ini memiliki rumus 2N+1, jika masa studi dua tahun, maka wajib mengabdi di Indonesia selama lima tahun.

Jika ada penerima beasiswa LPDP yang sudah lulus dan belum kembali, pihak LPDP memberikan waktu 90 hari untuk peringatan pertama.

“Kalau mereka sudah lulus dan belum kembali, dalam waktu 90 hari kita kasih peringatan, peringatan pertama. Kemudian 30 hari berikutnya baru kita kasih sanksi,” kata Andin.

Baca Juga: Penerima Beasiswa Enggan Pulang, Wasekjen PBNU Minta Audit dan Restrukturisasi LPDP

Andin mengungkapkan bahwa dari 15.000 alumni LPDP, ada 175 orang yang diperingatkan dan sudah kembali ke Tanah Air. Saat ini, masih ada 138 alumni yang belum kembali dan berada di pengawasan LPDP.

“Dari 15.000 yang sudah jadi alumni, 175 sudah kita peringatkan dan kembali ke Indonesia. Kemarin masih ada 138 dan kita monitor terus. Cuma 0,09 persen dari total penerima beasiswa yang belum kembali,” kata Andin.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Dirjen Imigrasi untuk melacak para alumni LPDP yang belum kembali.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x