Kompas TV nasional peristiwa

Penerima Beasiswa Enggan Pulang, Wasekjen PBNU Minta Audit dan Restrukturisasi LPDP

Rabu, 3 Agustus 2022 | 07:06 WIB
penerima-beasiswa-enggan-pulang-wasekjen-pbnu-minta-audit-dan-restrukturisasi-lpdp
Ilustrasi: lowongan kerja LPDP Kementerian Keuangan (LPDP) dibuka 12 formasi untuk lulusan S1 dan S2. (Sumber: kemenkeu)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Wasekjen PBNU Rahmat Hidayat Pulungan meminta agar Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berbenah usai banyak dilaporkan beberapa alumni mereka enggan pulang ke tanah air.

Rahmat juga menyebutkan, LPDP harus punya sistem monitoring yang kuat agar para alumni yang telah dibiayai negara untuk pendidikan tersebut pulang dan berkiprah di tanah air.

"Kasus banyaknya penerima beasiswa (LPDP) yang tidak pulang kembali ke tanah air untuk mengabdi pada tanah air menunjukkan bahwa LPDP tidak memiliki sistem monitoring yang kuat. Kerja sama LPDP dengan badan imigrasi dalam hal ini tidak banyak membantu," ujar Rahmat dalam keterangan yang diterima, Selasa malam (2/8/2022)

"Kami sebagai organisasi pendiri bangsa ini sangat berkepentingam dengan program ini dan menuntut agar negara melakukan audit dan restrukturisasi pada kepengurusan LPDP," sambungnya. 

Menurutnya, LPDP bukanlah program main-main dan kacangan.

Prorgram ini disebut Rahmat sebagai langkah terobosan dan langkah serius pemerintah untuk memperbaiki kualitas bangsa Indonesia.

Rahmat lantas melanjutkan, kritik seperti ini bukan pertama kalinya ditujukkan pada LPDP.

Baca Juga: Viral Alumni LPDP Ogah Pulang ke Indonesia, Ternyata Ini Kewajiban yang Harus Dipenuhi

Hal ini membuktikan bahwa ada yang salah dengan institusi LPDP, terutama dalam mekanisme seleksi yang ada.

Rahmat juga mengutip  pengakuan LPDP melalui akun resminya di Twitter yang menyebutkan, LPDP mengakui keluhan penerima beawiswa (awardee) tidak kembali ke Indonesia menjadi isu yang banyak jadi perhatian di masyarakat.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x