Kompas TV olahraga kompas sport

Profil Carlos Alcaraz, Juara Baru US Open 2022 dan Petenis Nomor Satu Termuda dalam Sejarah

Kompas.tv - 12 September 2022, 14:14 WIB
profil-carlos-alcaraz-juara-baru-us-open-2022-dan-petenis-nomor-satu-termuda-dalam-sejarah
Petenis asal Spanyol, Carlos Alvarez menjadi juara US Open 2022 usai mengalahkan wakil Norwegia, Casper Ruud di Flushing Meadows, New York, Senin (12/9/2022) dini hari waktu Indonesia. (Sumber: AP Photo/John Minchillo)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

NEW YORK, KOMPAS.TV - Petenis Spanyol Carlos Alcaraz menjadi juara baru US Open 2022, sekaligus menempatkan dirinya sebagai petenis juara dunia termuda.   

Alcaraz mengalahkan wakil Norwegia Casper Ruud dalam final US Open 2022 di Flushing Meadows, New York, Senin (12/9/2022) dini hari waktu Indonesia. 

Alacaraz mampu menyelesaikan perlawanan Ruud dengan skor 6-4, 2-6, 7-6 (1), dan 6-3.

Ini merupakan gelar Grand Slam perdana petenis 19 tahun yang kerap disapa Carlitos itu. Lain itu, kemenangan di US Open 2022 ini mengantarkannya sebagai petenis nomor satu dunia. 

Dengan gelar juara ini, Alcaraz juga menyamai rekor kompatriot senegaranya, Rafael Nadal kala menjuarai French Open 2005 dalam usia 19 tahun. 

Baca Juga: Petenis Rusia dan Belarusia Dilarang Ikut Wimbledon 2022

Melalui akun media sosial pribadinya, Nadal langsung memberikan ucapan selamat penerusnya itu. 

“Selamat Carlos Alcaraz untuk juara Grand Slam pertama dan menjadi nomor satu. Ini menjadi hasil dari perjalanan luar biasa tahun ini dan saya yakin masih banyak yang akan kamu capai di masa depan,” tulis Nadal di akun Twitter resmi miliknya. 

Tidak hanya sekadar menyamai rekor Nadal, Alcaraz sanggup melampaui pencapaian sang senior, bahkan para petenis tunggal putra lainnya. 

Sejak sistem komputerisasi digunakan untuk menentukan daftar ranking pada 1973 silam, Alcaraz merupakan petenis tunggal putra termuda yang pernah menempati ranking satu dunia. 



Sumber : AP News


BERITA LAINNYA



Close Ads x