Kompas TV olahraga sepak bola

Qatar Peringatkan agar Penggemar Piala Dunia Tidak Selundupkan Alkohol ke Negaranya

Sabtu, 10 September 2022 | 01:05 WIB
qatar-peringatkan-agar-penggemar-piala-dunia-tidak-selundupkan-alkohol-ke-negaranya
Ilustrasi. Sebuah instalasi yang dipasang menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition and Convention Center, Doha, Qatar. Foto diambil pada 31 Maret 2022. (Sumber: Darko Bandic/Associated Press)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Qatar memperingatkan kepada penggemar Piala Dunia yang akan datang ke negaranya akhir tahun ini untuk tidak datang membawa alkohol untuk konsumsi sendiri. 

Seperti yang diketahui, Qatar melarang untuk mengonsumsi alkohol di depan umum. Jika ketahuan melanggar, bakal dihukum dengan denda senilai 3.000 riyal atau sekitar Rp12 juta. 

Namun untuk Piala Dunia 2022, Qatar sedikit melonggarkan aturannya terkait alkohol. Nantinya penggemar bisa membeli minuman beralkohol di hotel tempat mereka menginap yang sudah punya lisensi. 

Sementara untuk di stadion, alkohol hanya akan dijual di luar stadion saat hari pertandingan. Selain itu, alkohol juga bisa dibeli pada malam hari saat Fan Festival di Taman Doha. 

Maka dari itu, pihak Qatar memperingatkan penggemar yang akan datang ke negaranya untuk tidak menyelundupkan alkohol di bagasi. Jika ketahuan, maka bakal dilakukan tindakan. 

"Ada langkah-langkah khusus,” kata Kolonel Jassim Abdulrahim Al Sayed dari komite operasi keselamatan dan keamanan Qatar dikutip dari ESPN

"Saya pikir alkohol tidak akan diizinkan melalui bandara dan koper. Ada lokasi di mana alkohol akan dijual di seluruh negeri," ujarnya. 

Baca Juga: Penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar Setuju untuk Sajikan Bir Beralkohol di Pertandingan

Sementara itu kepala eksekutif Qatar 2022 Nasser Al Khater juga meminta penggemar yang datang mengikuti aturan dengan meminum alkohol di tempat-tempat yang sudah disediakan. 

Dia ingin Piala Dunia 2022 Qatar bisa berjalan dengan nyaman karena tidak hanya dinikmati oleh para dewasa tapi juga anak-anak. 

Maka dari itu, penjualan alkohol di luar stadion tidak akan dimulai pada siang hari namun dibuka setelah pukul 18.30.

"Ada kesalahpahaman tentang penjualan alkohol di stadion dan zona yang ditentukan," kata Al Khater. 

"Kami bekerja seperti Piala Dunia lainnya, seperti biasanya. Sangat sederhana, kami selalu menyatakan bahwa penjualan alkohol (akan) tersedia di Qatar dan akan membuatnya tersedia di zona tertentu.

"Fanfest akan digelar mulai pukul 18.30, tetapi akan menarik banyak keluarga dan anak-anak dan kami ingin memberi mereka kesempatan untuk berada di zona bebas alkohol untuk bagian-bagian tertentu hari itu."

"Setelahnya, para penggemar bisa meminum alkohol yang tersedia," pungkasnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Simak Megahnya 8 Stadion Qatar yang Jadi Venue Pertandingan



Sumber : ESPN

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x