Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tidak Dibayar Negara, Ini Cara Kumpulkan Dana Pensiun untuk Pekerja Swasta

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 05:50 WIB
tidak-dibayar-negara-ini-cara-kumpulkan-dana-pensiun-untuk-pekerja-swasta
Ilustrasi dana pensiun. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah berencana mengubah skema pembiayaan dana pensiun untuk pegawai negeri Sipil (PNS), agar tidak membebani APBN. Jika pensiun PNS ditanggung negara, tidak begitu halnya dengan pekerja swasta.

Anda harus mengumpulkan dana pensiun sendiri dari hasil kerja selama usia produktif. Sehingga begitu memasuki usia pensiun, kebutuhan Anda tetap terpenuhi dan tidak menjadikan anak Anda sebagai "sandwich generation".

Mengutip dari laman sahabatpegadaian.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana pensiun.

Cara Kumpulkan Dana Pensiun:

1. Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah cara paling mudah untuk mengumpulkan dana pensiun, bagi pegawai swasta. Bagi Anda yang pekerja lepas atau wiraswasta, juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan mendapat manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca Juga: Kemenkeu Mau Ubah Skema Dana Pensiun PNS, Uang Dikumpulkan Sejak Mulai Kerja

Keduanya memiliki fungsinya sendiri. JHT menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Nantinya, peserta akan mendapat uang tunai yang besarnya adalah akumulasi seluruh iuran yang telah dibayarkan ditambah dengan hasil pengembangannya.

Sedangkan Jaminan  Pensiun  (JP)  merupakan program untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

Peserta bisa mendapatkan uang tunai yang dibayarkan setiap bulan dan atau sekaligus apabila peserta memasuki usia pensiun, cacat total tetap atau meninggal dunia.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x