Kompas TV regional peristiwa

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Sleman

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 17:01 WIB
bendera-merah-putih-raksasa-berkibar-di-bukit-klangon-sleman
Personel TNI dan Polri melipat bendera Merah Putih yang akan dikibarkan di Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (16/8/2022). (Sumber: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bendera raksasa dengan ukuran 6x9 meter dikibarkan di Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Selasa (16/8/2022). Bendera tersebut dikibarkan untuk menyongsong HUT ke-77 Republik Indonesia oleh Pemerintah Kalurahan Glagaharjo.

Lurah Glagaharjo Suroto mengungkapkan bendera ini membutuhkan sebanyak 16 orang untuk di bawa ke puncak Bukit Klangon. 

"Ukuran bendera sama 6 (meter) x 9 (meter). Pembawa bendera ada 16 orang, ada TNI, Polri, pamong kelurahan, tokoh masyarakat, ada komunitas di Glagaharjo," tuturnya dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Merah Putih Sepanjang 77 Meter Berkibar di Bukit Teletabis Parepare, Ini Penampakannya

Selain itu terdapat pula sebanyak 75 bendera Merah Putih dengan ukuran kecil yang dipasang di bukit yang berjarak kurang lebih 4 km dari puncak Gunung Merapi tersebut.

Suroto mengatakan bendera raksasa lain juga dipasang di Bukit Kendil.

"Jumlah bendera ini ada 77 yang satu sudah dipasang kemarin di Bukit kendil. Nomor 2 ini (untuk upacara) yang 75 kecil-kecil sudah kita pasang semua," pungkasnya.

Bukit Klangon dipilih menjadi tempat untuk mengibarkan bendera raksasa tersebut karena memiliki nilai sejarah.

"Kenapa di sini menjadi untuk pengibaran Bendera Merah Putih tiap tahun kita adakan adalah di sini tempat pertempuran dulu Belanda dengan para pejuang kita di wilayah Glagaharjo utamanya di wilayah Cangkringan ini," ucapnya.

Senada, Komandan Koramil Cangkringan Kodim 0732 Sleman, Kapten Tosikin menuturkan pengibaran bendera di Bukit Klangon untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur di wilayah tersebut. 

"Ini suatu kehormatan bagi kita semua karena apa, pengibaran bendera ini ada sejarahnya. Jadi untuk mengenang jasa para pahlawan yang ada di wilayah Cangkringan dan seputaran Sleman ini," ujarnya.

Baca Juga: Hari Ini Kawasan Monas Tutup untuk Persiapan Kirab Bendera HUT ke-77 RI



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x