Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Kaki Sering Pegal di Malam Hari? Berikut Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:22 WIB
kaki-sering-pegal-di-malam-hari-berikut-cara-mengatasinya-tanpa-obat
Ilustrasi - Mengangkat kaki untuk mengatasi rasa pegal. (Sumber: Shutterstock/PRPicturesProduction)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Banyaknya kegiatan seringkali menimbulkan badan pegal-pegal termasuk di bagian kaki. Tentu hal ini membuat tak nyaman sehingga banyak orang mencari cara mengatasi kaki pegal di malam hari semudah mungkin.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa mengobati pegal di kaki tanpa obat yang bisa dicoba.

  • Mengangkat kaki sambil tiduran

Mengangkat kaki ke atas sebelum tidur dapat membantu menghilangkan kaki lelah atau pegal di malam hari. Anda bisa berbaring di dekat tembok, lalu sandarkan kedua kaki ke tembok. Upayakan posisi tubuh dan kaki membentuk sudut nyaris 90 derajat.

Anda juga bisa duduk dengan menyelonjorkan kedua kaki, lalu ganjal bagian tumit dan telapak kaki dengan bantal atau guling agar posisinya sedikit lebih tinggi.

Baca Juga: Penyebab Tubuh Terasa Sakit Setelah Olahraga, Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Menempelkan kompres dingin

Dilansir dari MedicalNewsToday, kaki pegal-pegal bisa diredakan dengan menempelkan kompres dingin. Selain karena capai, Anda juga bisa meringankan masalah kesehatan dengan akar penyebab kaki pegal-pegal berasal dari infeksi, radang sendi, sampai asam urat.

Caranya cukup praktis. Anda tinggal menempelkan botol air dingin atau es batu yang dibungkus handuk kecil ke bagian kaki yang pegal-pegal. Tempelkan selama 15 menit sampai rasa tidak nyaman di kaki membaik.

  • Peregangan ringan

Meskipun rasanya lelah, tapi cara mengatasi kaki pegal di malam hari salah satunya perlu latihan peregangan ringan. Anda bisa melakukan latihan peregangan dengan fokus di bagian jari-jari kaki, telapak kaki, atau betis.

Di sela-sela peregangan, jangan lupa pijat lembut bagian kaki agar peredaran darah semakin lancar.

  • Merendam kaki

Untuk menghilangkan kaki pegal di malam hari, Anda juga bisa merendam kaki yang pegal di air hangat selama 10 menit. Jika di rumah ada persediaan garam epsom, tambahkan garam ini agar hasilnya lebih optimal.

Tanda penyakit lain

Kaki pegal di malam hari umumnya lumrah apabila hanya muncul sesekali saat Anda banyak beraktivitas atau kelelahan. Tapi, Anda perlu waspada jika kondisi ini terus berulang dan Anda merasa tidak terlalu banyak berkegiatan.

Jika segala cara mengatasi kaki pegal di malam hari secara alami di atas sudah dijajal tapi hasilnya belum memuaskan, ada baiknya Anda mencoba minum obat penghilang rasa sakit atau berkonsultasi ke dokter.

Selain kekelahan, alasan kenapa kaki pegal di malam hari terkadang juga bisa berasal dari penyakit diabetes, rematik, kelebihan berat badan, radang sendi, atau cedera.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x