Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Bakal Gelar Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Plaza Selatan Monas

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 16:20 WIB
pemprov-dki-bakal-gelar-upacara-hut-kemerdekaan-indonesia-ke-77-di-plaza-selatan-monas
Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/7/2014). (Sumber: .KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-77 RI di Plaza Selatan, Monumen Nasional (Monas) pada Rabu (17/8/2022) mendatang.

"Untuk tingkat Balai Kota nanti upacara di Plaza Selatan Monas," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sarnuri kepada wartawan, Jumat (12/8). 

Baca Juga: HUT RI ke-77 Fashion Show Pakai Busana Adat

Rencananya, upacara tersebut akan diadakan pukul 08.00 WIB atau sebelum kirab Bendera Merah Putih yang menjadi rangkaian upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan memimpin upacara HUT RI bersama dengan jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah dan Aparatur Sipil Negara Pemprov DKI Jakarta.

Isa mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Monas untuk mendukung agenda kirab Merah Putih yang digelar Pemerintah Pusat. 

"Pemda DKI mendukung kegiatan rangkaian HUT RI, karena paginya ada kirab bendera dan teks proklamasi yang dikirim nanti di Monumen Nasional ke Istana," ucap Isa.

Nantinya, upacara HUT RI di Plaza Selatan Monas menjadi upacara pertama yang dihadiri langsung setelah selama dua tahun dilaksanakan daring karena pandemi Covid-19.


 

Mengutip Antara, pemerintah sebelumnya mengeluarkan pedoman penyelenggaraan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 pada Sabtu (6/8) kemarin. 

Baca Juga: 10 Film tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Saat HUT ke-77 RI 2022

Untuk tingkat daerah, upacara HUT ke-77 RI mulai dilaksanakan pukul 07.00 waktu setempat.

Kantor perwakilan/lembaga mengikuti upacara yang dilaksanakan pemerintah provinsi/kabupaten/kota setempat.

Kepala Daerah/Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan penurunan bendera Merah Putih secara daring.

Sedangkan, di tingkat pusat, Upacara HUT RI dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta mulai pukul 09.45 WIB.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x