Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Meksiko Sita 1,5 Ton Sabu dan 149 Kg Bubuk Fentanil, Apa Itu Fentanil dan Bahayanya?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:29 WIB
tentara-meksiko-sita-1-5-ton-sabu-dan-149-kg-bubuk-fentanil-apa-itu-fentanil-dan-bahayanya
Tentara Meksiko menyita hampir 1,5 ton sabu dan 149 kilogram bubuk fentanil di sebuah pos pemeriksaan di negara bagian perbatasan utara Sonora, kata militer Meksiko, Kamis, (11/8/2022). (Sumber: Paudal Mexico)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

MEXICO CITY, KOMPAS.TV — Bertindak atas sebuah petunjuk, tentara Meksiko menyita hampir 1,5 ton sabu dan 149 kilogram bubuk fentanil di sebuah pos pemeriksaan di negara bagian perbatasan utara Sonora, kata militer Meksiko, Kamis (11/8/2022), seperti dilaporkan Associated Press, Jumat (13/8/2022).

Tentara Meksiko juga menemukan 816.486 pil yang tampaknya mengandung fentanil, dikemas dalam 46 drum di atas truk pada Rabu (10/8/2022).

Departemen Pertahanan Meksiko mengatakan, mendapat informasi bahwa sebuah truk yang membawa konsentrat jus buah bubuk ke kota perbatasan Tijuana juga mengangkut obat-obatan.

Kartel Meksiko sering memberikan informasi kepada pejabat tentang pengiriman yang dilakukan oleh geng-geng saingan.

Kartel Meksiko memproduksi fentanil, opioid sintetis, dari prekursor yang diimpor dari China. 

Mereka kemudian membuat obat tersebut menjadi pil palsu yang dibuat agar terlihat seperti Xanax, Adderall atau Oxycodone.

Opioid sintetis seperti fentanil berada di balik peningkatan besar kematian akibat overdosis di Amerika Serikat.

Baca Juga: Gembong Narkoba Terkenal Meksiko Ditangkap, tapi Helikopter yang Terlibat Penangkapan Jatuh


Sedikitnya dua miligram fentanil bisa mematikan. Obat ini 100 kali lebih kuat dari morfin.

Orang yang memakai pil palsu berisi fentanil sering tidak tahu bahwa mereka sedang mengonsumsi kandungan mematikan tersebut, sehingga berkontribusi pada peningkatan kematian overdosis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), fentanyl atau fentanil adalah opioid sintetis yang 50 kali lebih kuat daripada heroin dan 100 kali lebih kuat daripada morfin. Ini adalah kontributor utama overdosis fatal dan nonfatal di AS.

Ada dua jenis fentanil, yaitu fentanil farmasi dan fentanil yang diproduksi secara ilegal. Keduanya dianggap opioid sintetik.


Sumber : Kompas TV/Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x