Kompas TV nasional hukum

Ketua Harian Kompolnas: Saya Mengutip Sumber Resmi, soal Rilis Tidak Benar Itu Risiko Saya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 00:16 WIB
ketua-harian-kompolnas-saya-mengutip-sumber-resmi-soal-rilis-tidak-benar-itu-risiko-saya
Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto menjawab penilaian publik terkait pernyataan tidak ada kejanggalan dalam kasus kematian Brigadir J dalam program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/8/2022). (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengakui dirinya hanya menerima informasi dari Polres Jakarta Selatan terkait pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Benny menjelaskan sejak awal pihaknya melakukan konfirmasi langsung ke Polres Jakarta Selatan terkait kasus kematian Brigadir J.

Penjelasan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan Brigadir J meninggal dunia akibat baku tembak dengan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Dinilai Tak Profesional dalam Kasus Tewasnya Brigadir J, Benny Mamoto Didesak Mundur dari Kompolnas

Peristiwa baku tembak ini dilatarbelakangi dugaan pelecehan seksual yang dilakuakan Brigadir J terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Penjelasan baku tembak dan pelecehan seksual tersebut menjadi dasar Benny untuk menilai tidak ada kejanggalan dalam kasus kematian Brigadir J.

Seiring waktu Kapolri membentuk tim khusus untuk menelusuri kasus tersebut. Hasilnya tim khusus menemukan tidak ada peristiwa baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E.

Fakta sebenarnya Brigadir J meninggal ditembak oleh Bharada E atas perintah dari Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Kapolri: Tidak Ditemukan Fakta Ada Peristiwa Baku Tembak di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo


Senjata api yang digunakan Bharada E menembak Brigadir J diketahui milik Bripka Ricky Rizal.

Irjen Sambo juga sengaja menembak dinding menggunakan senjata Brigadir J agar seolah-olah terjadi peristiwa baku tembak.

Dalam perkembangannya Kombes Budhi Herdi Susianto dimutasi dan dinonaktifkan dari jabatan Kapolres Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ini Jawaban Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto Disebut Bela Tersangka Irjen Ferdy Sambo

"Saya ketika diminta tanggapan dari media tentunya harus merujuk pada sumber resmi. Tidak lewat medsos, sumber resminya dari Polri. Itulah yang saya ambil," ujar Benny di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/8/2022).

"Soal nanti rilis itu tidak benar ada risiko, dan ketika saya mengutip ini dan saya diserang itu risiko saya," sambung Benny.

 


Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x