Kompas TV nasional politik

Dinilai Tak Profesional dalam Kasus Tewasnya Brigadir J, Benny Mamoto Didesak Mundur dari Kompolnas

Kompas.tv - 11 Agustus 2022, 16:11 WIB
dinilai-tak-profesional-dalam-kasus-tewasnya-brigadir-j-benny-mamoto-didesak-mundur-dari-kompolnas
Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Irjen (Purn) Benny Mamoto didesak untuk segera mundur dari jabatan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Desakan ini disuarakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa.

Menurut Desmond, purnawirawan jenderal bintang dua itu terkesan tak profesional dalam menjalankan tugas saat melakukan pengawasan dalam penyelidikan kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. 

Baca Juga: [Full] Kompolnas: Tidak Ada Kejanggalan di Kasus Penembakan Brigadir J oleh Bharada E

Diketahui, Benny Mamoto pernah mengatakan tak ada yang janggal dalam kasus tewasnya Brigadir J. 


 

Namun, teranyar, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan tak ada peristiwa tembak-menembak dalam kasus tewasnya Brigadir J. 

Kini, Bareskrim Polri telah menetapkan empat tersangka dalam perkara tersebut. 

Salah satunya yaitu mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Sementara tiga lainnya adalah Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E), Brigadir Kepala Ricky Rizal (Bripka RR), dan Kuat Maruf atau KM.

“Kompolnas yang diwakili oleh Benny Mamoto, itu sudah tidak layak lagi ia di situ. Saya melihat Benny Mamoto harus malu, lah. Kalau menurut saya, seorang mantan jenderal punya budaya malu, Benny Mamoto mundurlah dari Kompolnas,” kata Desmond seperti dikutip dari akun Instagram @fraksipartaigerindra, Kamis (11/8/2022). 

Menurut dia, pernyataan Benny Mamoto sebagai Ketua Harian Kompolnas di kasus kematian Brigadir J malah membuat citra Polri semakin buruk, karena terkesan ada yang disembunyikan.

“Karena itu, saya mengingatkan, Benny Mamoto seharusnya tahu malu dan segera mundur dari Kompolnas,” kata Desmond.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x