Kompas TV nasional rumah pemilu

Makin Mesra! PKB dan Gerindra Daftar Bareng ke KPU pada 8 Agustus, Matangkan Koalisi?

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:05 WIB
makin-mesra-pkb-dan-gerindra-daftar-bareng-ke-kpu-pada-8-agustus-matangkan-koalisi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang.(Sumber Kompas.tv/Ant/MUHAMMAD ADIMAJA)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra berencana bareng-bareng mendaftarkan partainya sebagai peserta pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum pada Senin (8/8/2022) pekan depan.    

"Insyaallah pada tanggal 8 nanti kita akan mendaftar sebagai partai politik peserta pemilu bersama Gerindra ke KPU," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022). 

Lelaki yang karib disapa Cak Imin itu mengatakan, kedua parpol terus melakukan berbagai pertemuan untuk mematangkan koalisi dan membuat sejumlah program secara bersama-sama. 

Baca Juga: Daftar ke KPU, Partai Garuda Targetkan 23 Kursi DPR RI

"Setelah mendaftar ke KPU bersama Gerindra nanti disusul beberapa event. Saya kira masih ada waktu 1,5 tahun kesempatan untuk mengajak semua partai-partai bersatu," katanya.

Terkait posisi capres dan cawapres dalam koalisi dengan Gerindra, ia menyebut nantinya akan dibicarakan lebih lanjut. 

"Soal siapa dan bagaimana posisi-posisi, itu bagian teknis saja yang penting ada tekad untuk secara bersama-sama memperbaiki Indonesia menjadi lebih baik," tuturnya.


Terkait kemungkinan parpol lain bergabung, menurutnya, tahapan pemilu masih sangat panjang sehingga sangat terbuka bagi parpol lain untuk bergabung. 

"Kita bisa membicarakan dan melibatkan partai-partai," katanya.

Ditanya mengenai restu Presiden Jokowi, Gus Muhaimin mengatakan bahwa sebagai presiden, Jokowi pasti memberikan restu kepada semua pasangan calon untuk maju. 

Baca Juga: Partai Prima Mendaftar ke KPU: Partai Rakyat Biasa, Setiap Hari sebagai Hari Politik

"Pak Jokowi pasti mendukung semua calon. Presiden memang harus merestui semuanya," katanya. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x