Kompas TV internasional kompas dunia

Pelosi akan ke Taipei, Taiwan Siaga Perang Siapkan Tempat Perlindungan Rudal untuk Warga

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 15:41 WIB
pelosi-akan-ke-taipei-taiwan-siaga-perang-siapkan-tempat-perlindungan-rudal-untuk-warga

Rudal darat ke udara buatan Amerika Serikat, Patriot, milik Taiwan dalam parade Hari Nasional Republik China 2007. Memanasnya situasi China menjelang dugaan kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi ke Taiwan membuat Taiwan mempersiapkan tempat perlindungan serangan udara bagi warganya. (Sumber: AP Photo/Wally Santana, File)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TAIPEI, KOMPAS.TV - Memanasnya situasi China menjelang rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan membuat Taiwan mempersiapkan tempat perlindungan serangan udara bagi warganya, seperti laporan Straits Times, (2/8/2022).

Upaya Taiwan itu juga disebabkan kekhawatiran dan belajar dari serangan Rusia ke Ukraina.

China menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak yang harus dipersatukan kembali, dengan kekerasan jika perlu. Beijing sendiri akhir-akhir ini meningkatkan aktivitas militer di udara dan laut di sekitarnya.

Taiwan bersumpah untuk membela diri dan menjadikan penguatan pertahanannya sebagai prioritas, dengan latihan militer dan pertahanan sipil reguler.

Persiapannya termasuk menunjuk tempat perlindungan di mana orang dapat berlindung jika rudal China mulai terbang masuk, bukan di bunker yang dibangun khusus tetapi di ruang bawah tanah seperti tempat parkir bawah tanah, sistem kereta bawah tanah, dan pusat perbelanjaan bawah tanah.


 

Ibu kota Taipei memiliki lebih dari 4.600 tempat penampungan yang dapat menampung sekitar 12 juta orang, lebih dari empat kali populasinya.

Baca Juga: Soal Isu Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Beijing: Tentara China Tidak Akan Tinggal Diam

Ilustrasi jet tempur China. China mengancam jet tempurnya akan mengelilingi Taiwan demi menjaga kedaulatan nasionalnya. (Sumber: aiwan Ministry of Defense via AP, File)

Harmony Wu, 18 tahun, terkejut mengetahui bahwa tempat perbelanjaan bawah tanah di mana dia dan anak-anak muda lainnya baru-baru ini berlatih menari akan diubah menjadi tempat perlindungan serangan udara jika terjadi perang. Tapi dia bilang dia bisa mengerti kenapa.

"Memiliki tempat berlindung sangat diperlukan. Kami tidak tahu kapan perang akan datang dan mereka akan membuat kami tetap aman," kata Wu di tempat dekat stasiun kereta bawah tanah Taipei.

"Perang itu brutal. Kami belum pernah mengalaminya jadi kami tidak siap," katanya.

Pejabat Taipei memperbarui database tempat penampungan yang ditunjuk, menempatkan keberadaan mereka di aplikasi smartphone dan meluncurkan kampanye media sosial dan poster untuk memastikan orang tahu bagaimana menemukan tempat terdekat mereka.

Pintu masuk shelter ditandai dengan label kuning, kira-kira seukuran kertas A4, dengan jumlah maksimal orang yang bisa dibawa.

Seorang pejabat senior di kantor pemerintah kota yang bertanggung jawab atas tempat penampungan mengatakan peristiwa serangan Rusia ke Ukraina di Eropa membawa rasa urgensi baru.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x