Kompas TV nasional update

Mulai Hari Ini, Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink Khusus Wanita

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 06:53 WIB
mulai-hari-ini-transjakarta-kembali-operasikan-bus-pink-khusus-wanita
Ilustrasi: Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus pink yang diperuntukan secara khusus bagi pelanggan wanita mulai hari ini, Senin (26/7/22). 

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, bus pink ini nantinya akan melayani Koridor 3 dengan rute Pasar Baru-Kalideres.

“Akan ada petugas layanan bus (PLB) yang mendampingi. Baik pengemudi dan PLB yang bertugas semuanya wanita,” kata Anang dalam keterangannya, Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Bus TransJakarta Tabrak Seorang Perempuan di Senen, Sopir Jadi Tersangka

Nantinya, lanjut Anang, Transjakarta akan menambah armada bus pink secara bertahap. 

Anang mengatakan, bus pink ini akan beroperasi mulai pukul 05.00- 22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500.

Pelanggan diwajibkan melakukan tap-in dan tap-out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada gate halte.

Menurut Anang, pengoperasian bus pink ini merupakan komitmen perusahaan memberikan layanan yang aman dan nyaman, khususnya bagi pelanggan wanita.

“Kenyamanan pelanggan prioritas utama kami. Pelayanan bus pink ini merupakan salah satu upaya Transjakarta ikut menangani masalah pelecehan dalam transportasi publik,” ujar Anang.

Mengutip Kompas.com, bus pink ini pernah diinisiasi Pemprov DKI Jakarta saat dipimpin Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada 2016.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta yang menjabat saat itu, Veronica Tan, berharap para perempuan untuk tidak takut atau merasa risih ketika naik Transjakarta.

Baca Juga: Seorang Perempuan Pejalan Kaki Tewas Tertabrak TransJakarta di Senen, Ini Kronologinya

Saat itu, Bus gandeng khusus wanitaini didominasi warna pink dan putih. Kemudian di jendela salah satu bus ada tulisan "Habis Gelap, Terbitlah Terang". Di bus yang lainnya ada tulisan "These Girls are Smart".

Spesifikasi bus Transjakarta saat itu sama dengan bus Transjakarta lainnya dengan 38 kursi duduk dan 80 orang berdiri. Bus transjakarta khusus perempuan ini bermerek Scania.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x