Kompas TV nasional agama

Nekat! Jemaah Haji Masukkan Air Zamzam dalam Koper, Hampir Lolos Pemeriksaan di Bandara Arab Saudi

Kompas.tv - 23 Juli 2022, 17:06 WIB
nekat-jemaah-haji-masukkan-air-zamzam-dalam-koper-hampir-lolos-pemeriksaan-di-bandara-arab-saudi
Ilustrasi air zamzam. Beberapa anggota jemaah haji Indonesia masih nekat membawa air zamzam dalam koper. (Sumber: ANTARA FOTO/Zarqon)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV – Meskipun sudah ada pemberitahun tentang larangan membawa air zamzam ke bagasi pesawat saat kepulangan ke tanah air, masih ada saja anggota jemaah haji Indonesia yang nekat melakukannya.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul) Daerah Kerja (Daker) Bandara, Edayanti Dasril, di Media Center Haji di Jeddah, Sabtu (23/7/2022).

Kata Edayanti, itu dilakukan anggota jemaah haji kloter 11 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 11). Anggota jemaah haji itu kedapatan membawa air zamzam dalam tiga koper.

Bahkan, kata dia, koper-koper itu hampir lolos dari pemeriksaan di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

"Tiga koper bagasi yang dibongkar milik jamaah haji Kloter 11 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 11) dengan nomor penerbangan Saudi Airlines SV 5668," katanya dikutip dari Antara. 

Edayanti menjelaskan, pembongkaran koper bagasi dilakukan di area remote Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, setelah melewati pemeriksaan sinar x (x-ray) kembali sebelum keberangkatan.

Ketiga koper tersebut ternyata membawa empat jerigen air zamzam.

Sebelumnya, koper bagasi itu sudah melalui pemeriksaan x-ray di Jeddah Management Company (JMC).

JMC merupakan perusahaan kargo yang ditunjuk Saudi Airlines untuk memeriksa koper bagasi jemaah haji.

"Secara protap kita, barang bagasi itu dibawa ke remote area ke bandara ini selama 12 jam untuk proses pemeriksaan barang untuk yang ketiga kalinya," kata Edayanti.


Baca Juga: Cerita Jemaah Haji Beli 30 Liter Air Zamzam di Boyolali, Diberikan untuk Satu Desa di Kampungnya

Tiga Koper Berisi Air Zamzam



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x