Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Peringatkan Zulhas: Urus yang Saya Tugaskan Kemarin Turunkan Harga Minyak

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 11:09 WIB
jokowi-peringatkan-zulhas-urus-yang-saya-tugaskan-kemarin-turunkan-harga-minyak
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Sumber: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk fokus bekerja.

Pernyataan itu ditegaskan Presiden Jokowi saat merespons pertanyaan tentang Mendag Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan untuk memilih anaknya saat kunjungan kerjanya ke pasar.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja,” kata Presiden Jokowi menyampaikan saat mengunjungi Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

“Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp14000 atau di bawah Rp14.000 paling penting itu, tugas dari saya itu,” kata Jokowi.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan soal Harga Cabai Meroket: Saya Kira Ndak Apa-apalah Ya

Dalam penegasannya, Presiden Jokowi pun menitikberatkan kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju yang berkaitan dengan energi dan pangan untuk benar-benar fokus bekerja.


 

Sebab saat ini, sambung Presiden Jokowi, dunia tengah terdisrupsi di bidang energi dan pangan sehingga perlu konsentrasi dan jangan sampai terpeleset.

“Jadi, ke pasar-pasar adalah, dalam rangka mengecek, saya pun juga sama, ke pasar mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 atau di bawahnya,” ujarnya.

“Kalau yang saya datangi pasar-pasar sudah di angka Rp14.000 itu kalau di luar Jawa ada yang masih di atas Rp14.000 itu satu-persatu akan kita selesaikan.”

Baca Juga: Jokowi Ungkap Mendag Baru Janjikan Masalah Minyak Goreng Selesai 1 Bulan, Mampukah Zulkifli Hasan?

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan diberitakan hadir di Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (9/7/2022) terkait distribusi minyak goreng curah di angka Rp14.000 per liter.

Ketika itu, berlangsung pasar murah bertajuk PANsar di mana warga dapat membeli 1 liter minyak goreng seharga Rp10.000. Tapi kemudian, minyak goreng tersebut digratiskan.

“Uangnya enggak usah, dikantongin saja. Rp10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali,” ucap Zulkifli menjanjikan. Untuk diketahui, Futri Zulya Savitri merupakan anak dari Zulkifli Hasan.

Sebelumnya diberitakan Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan tindakan Zulhas saat mempromosikan anaknya ketika momen pembagian minyak goreng merupakan acara dari partai.

Diketahui Futri Zulya Savitri merupakan pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1. Kunjungan Zulhas dalam acara tersebut disorot karena mewakili dua kepentingan sekaligus yakni sebagai Mendag dan Ketua Umum PAN yang tengah kampanye.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x