Kompas TV regional peristiwa

Sapi Kurban Terperosok ke Selokan Sedalam 1,5 Meter, Warga Putuskan Sembelih di Tempat

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 19:45 WIB
sapi-kurban-terperosok-ke-selokan-sedalam-1-5-meter-warga-putuskan-sembelih-di-tempat
Tangkapan layar dari video yang memperlihatkan seekor sapi terperosok ke selokan di Lembang, Bandung Barat. Masyarakat setempat akhirnya memutuskan untuk menyembelih hewan kurban itu di tempat. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Seekor sapi kurban di Kampung Sukamaju, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terperosok ke selokan sedalam 1,5 meter usai mengamuk ketika hendak disembelih, Minggu (10/7/2022).

Kejadian yang menghebohkan dalam momen Iduladha 1443 H itu akhirnya membuat warga memutuskan untuk menyembelih sapi di selokan itu.

Hal itu dilakukan karena warga kesulitan mengevakuasi hewan dengan bobot yang mencapai ratusan kilogram tersebut. Lalu lintas jalanan tersebut akhirnya dikondisikan agar proses penyembelihan tak terganggu.

Setelah disembelih, hewan itu akhirnya dibawa menggunakan kendaraan bak terbuka untuk dikuliti dan dipotong di masjid sekitar lalu dagingnya dibagikan.


Baca Juga: Waduh! Seekor Sapi Kurban Ngamuk dan Tercebur ke Dalam Selokan Rumah Warga

Dilaporkan Kompas.com, Asep Kombes (43), salah satu warga, mengatakan sapi tersebut lari ketika akan disembelih oleh warga.

"Tadi saat mau dipotong, sapinya lepas, berlari, terus masuk selokan," tuturnya.

Sapi kurban dari warga desa setempat tersebut dipasrahkan pemiliknya kepada panitia untuk disembelih sesuai syariat usai melaksanakan salat Id.

Penyembelihan hewan kurban belum dimulai, namun sapi itu sudah memberontak dan kabur. Sejumlah warga berusaha menenangkan sapi tersebut.

"Alhamdulillah enggak sampai ada kejadian apa-apa, cuma kendaraan enggak bisa lewat beberapa menit karena tubuh sapi sempat menghalangi jalan setelah dievakuasi warga," kata Asep.

Baca Juga: Jokowi Serahkan Sapi Kurban Seberat 1,2 Ton ke Imam Besar Masjid Istiqlal

Sapi Mengamuk, Berakhir Tercebur

Kejadian yang hampir sama juga terjadi di Jakarta Utara. Seekor sapi kurban tercebur ke dalam selokan rumah warga pada Jumat (8/7/2022) malam usai diturunkan dari mobil pengangkut.

Warga kemudian melakukan proses evakuasi terhadap sapi tersebut dan berlangsung dramatis.

Seperti diwartakan Kompas TV, Minggu (10/7), kejadian tersebut terjadi di Lorong 27 Koja, Jakarta Utara.

Sapi yang akan dikurbankan ini mengamuk dan tercebur ke dalam selokan sedalam satu meter yang berada di depan rumah warga.

Berat sapi yang mencapai satu ton ini membuat petugas pemadam kebakaran harus menggunakan katrol untuk melakukan pengangkatan sapi yang tercebur itu.

Menurut rencana, sapi ini akan dibawa kembali ke penjualnya untuk ditukarkan.



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.