Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Maknai Iduladha sebagai Ketauhidan dan Aktivitas Menebar Kebaikan serta Bahagia untuk Sesama

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 08:34 WIB
jokowi-maknai-iduladha-sebagai-ketauhidan-dan-aktivitas-menebar-kebaikan-serta-bahagia-untuk-sesama
Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers usai salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7/2022) (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nurul Fitriana)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaknai Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah sebagai sebuah ketauhidan dan aktivitas berbagi kebaikan dan bahagia untuk sesama.

Pernyataan itu Jokowi sampaikan usai menunaikan salat ied Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Bagi Presiden Jokowi, Iduladha tidak hanya dimaknai untuk berkurban dengan menyembelih hewan, tetapi ada yang lebih penting.

"Hari raya Iduladha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan sebuah aktivitas menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama, menebarkan rasa bahagia sebanyak-banyaknya kepada kanan kiri kita bukan hanya berkurban dalam menyembelih hewan," kata Jokowi kepada wartawan yang dipantau KOMPAS.TV secara daring, Minggu (10/7).

Baca Juga: Kenakan Jas Abu, Jokowi Salat Iduladha di Masjid Istiqlal Bersama Para Pejabat Negara dan Menteri

Didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Jokowi juga mendoakan para jemaah haji Indonesia yang sedang beribadah di Tanah Suci.

Jokowi berdoa, agar seluruh jemaah haji diberi keselamatan saat tiba di Tanah Air dan menjadi haji yang mabrur.

"Kita berdoa bersama agar saudara kita yang sedang menunaikan haji diberikan keselamatan, supaya diberikan kesehatan, kesabaran sampai nanti ke Tanah Air dalam keadaan selamat dan menjadi haji mabrur," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk informasi, Presiden Joko Widodo tiba di Masjid Istiqlal, pada pukul 06.45 WIB untuk tunaikan Salat Iduladha.

Dari pantauan KOMPAS.TV secara daring, Jokowi salat dengan mengenakan jas warna abu-abu dengan kemeja berwarna putih.

Dengan mengenakan masker berwarna cokelat, saat tiba di masjid Jokowi langsung menempati posisi di saf depan.

Sebelum acara dimulai, Presiden Jokowi juga terlihat sesekali menyapa jemaah yang ada di sampingnya, salah satunya yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


Tak sendiri, Jokowi menunaikan Salat Ied di Masjid Istiqlal bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi yang mengenakan mukena berwarna putih lengkap dengan masker yang senada.

Hadir pula di Istiqlal, antara lain Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga adik ipar Presiden Jokowi, Anwar Usman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Lalu, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan pejabat lainnya.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Iduladha, Ganjar Ingatkan Masyarakat Masak Daging Kurban dengan Baik Agar Sehat




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x