Kompas TV entertainment selebriti

Profil James Caan, Bintang Film The Godfather yang Tutup Usia

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 19:37 WIB
profil-james-caan-bintang-film-the-godfather-yang-tutup-usia
James Caan, aktor Amerika yang terkenal lewat perannya sebagai Sonny Corleone dalam film kriminal mafia The Godfather meninggal dunia. (Sumber: Richard Shotwell/Invision/AP)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - James Caan, aktor Amerika Serikat (AS) yang terkenal lewat perannya sebagai Sonny Corleone dalam film kriminal mafia The Godfather, meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Melansir The Guardian pada Jumat (8/7/2022), berita duka itu diumumkan oleh pihak keluarga dari akun Twitter James Caan pada Kamis (7/7) waktu setempat.

“Dengan penuh dukacita kami memberi tahu Anda bahwa Jimmy meninggal dunia pada 6 Juli," tulis keluarga James Caan.

“Keluarga menghargai curahan cinta dan belasungkawa yang tulus dan meminta Anda terus menghormati privasi mereka selama masa sulit ini,” sambung keluarga Caan.

Baca Juga: Profil Eks PM Jepang Shinzo Abe: Jabat Paling Lama, Lahirkan Konsep Ekonomi 'Abenomics'

Karier James Caan di industri perfilman selama lebih dari 60 tahun sangat bersinar.

James Edmund Caan lahir di Bronx, New York pada 26 Maret 1940. Ia menjadi seorang aktor yang dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk empat Golden Globes, Emmy, dan sebuah Oscar.


Setelah peran awal dalam El Dorado (1966) karya Howard Hawks, Countdown (1967) karya Robert Altman, dan The Rain People (1969) karya Francis Ford Coppola, ia menjadi terkenal karena memainkan peran khasnya sebagai Sonny Corleone dalam The Godfather (1972).

Sebagai Santino "Sonny" Corleone, Caan memerankan tokoh putra tertua keluarga mafia Sisilia Don Corleone. Sonny terkenal dengan perangainya yang keras dan kerap terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Karena perannya dalam The Godfather tersebut, Caan dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik dan Golden Globe untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Baca Juga: Profil Christian Bale, Perankan Gorr The God Butcher dan Villain Utama di Thor: Love And Thunder

Dia mengulangi peran Sonny Corleone di The Godfather Part II (1974) dengan penampilan cameo di akhir.

James Caan juga dikenal karena penampilannya di televisi. Salah satu perannya yang paling menonjol adalah saat berperan sebagai Ed Deline dalam serial drama Las Vegas. Serial drama ini ditayangkan selama lima musim di NBC dari tahun 2003 hingga 2008.

James Caan juga dihormati dengan bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 1978.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x