Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Takhayul dan Astrologi Politik Makin Marak di Rusia dan Ukraina di tengah Perang Kedua Negara

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 16:59 WIB
takhayul-dan-astrologi-politik-makin-marak-di-rusia-dan-ukraina-di-tengah-perang-kedua-negara
Saat Moskow melanjutkan intervensi militernya di negara pro-Barat, semakin banyak orang Rusia dan Ukraina yang beralih ke astrolog, paranormal, dan medium, (Sumber: Daily Sabah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

ST. PETERSBURG, KOMPAS.TV - Saat Moskow melanjutkan intervensi militernya di negara pro-Barat, semakin banyak orang Rusia dan Ukraina yang beralih ke astrolog, paranormal, dan medium, seperti laporan Daily Sabah, Selasa, (5/7/2022).

Apakah akan ada perang nuklir? Akankah Rusia memenangkan serangan Ukraina? Akankah anakku bertahan? Itulah yang paling sering ditanyakan warga Rusia kepada cenayang dan pakar astrologi langganan mereka.

Di kota kedua Rusia, Saint Petersburg, Elena Korolyova yang berkacamata menerima klien di apartemennya, di mana dua kucing berkeliaran di antara tumpukan buku.

"Orang-orang ingin tahu apa yang akan terjadi dengan Rusia, terputus dari seluruh dunia," kata pria berusia 63 tahun itu seperti dikutip Daily Sabah.

Astrolog, paranormal, dan medium selama bertahun-tahun populer di Rusia, dan khususnya tahun-tahun yang penuh gejolak karena saat seperti itu permintaan layanan mereka meningkat.

Ketika Rusia terhuyung-huyung akibat rentetan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya atas Ukraina, semakin banyak orang Rusia yang beralih ke astrologi saat mereka mengintip ke masa depan.

Baca Juga: Usai Direbut Rusia, Begini Penampakan Kota Lysychansk di Provinsi Luhansk Ukraina

Peta Etnolinguistik Ukraina. Saat Moskow melanjutkan intervensi militernya di negara pro-Barat, semakin banyak orang Rusia dan Ukraina yang beralih ke astrolog, paranormal, dan medium. (Sumber: Wikimedia Commons)

Korolyova, seorang filolog berambut abu-abu yang terkenal dari mulut ke mulut di bekas ibukota kekaisaran Rusia berusaha meyakinkan kliennya.

Dia menerawang, Moskow tidak hanya akan selamat dari badai ekonomi tetapi juga muncul sebagai pemenang.

"Bencana global akan meningkat pada bulan September, tetapi Rusia akan keluar dari sana dengan stabil dan makmur," katanya.

Korolyova mengenakan biaya 5.000 rubel ($90) per konsultasi dan mengatakan, tanpa ingin mengungkapkan angka apa pun, bahwa sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, permintaan dari klien telah meningkat.

Pada minggu pertama konflik, jumlah pencarian untuk "peramal" lebih dari dua kali lipat di mesin pencari utama Rusia Yandex - dari 42.900 pada 19 Februari menjadi 95.000 pada 5 Maret, menurut statistik kata kunci perusahaan.

Di Moskow, astrolog terkemuka lainnya, Konstantin Daragan, yang membuat dirinya terkenal karena mengklaim telah meramalkan pandemi virus corona, juga mengatakan Rusia akan menang di Ukraina dan dalam bentrokannya dengan Barat.

"Rusia akan menjadi pusat dunia setelah konflik," katanya di media sosial baru-baru ini.

Baca Juga: Menlu AS akan Bertemu Menlu China di Sela Acara G20, Tidak Ada Pertemuan Formal dengan Rusia

Ilustrasi: dukun.Saat Moskow melanjutkan intervensi militernya di negara pro-Barat, semakin banyak orang Rusia dan Ukraina yang beralih ke astrolog, paranormal, dan medium. (Sumber: TribunMedan)

Berasal dari wilayah timur Ukraina di Donbass yang ingin ditaklukkan oleh tentara Rusia, insinyur aeronautika yang berubah menjadi astrolog itu mengklaim telah memberi nasihat kepada para menteri, bankir, dan bahkan anggota dinas rahasia Ukraina di masa lalu.

Berangkat ke Moskow setelah otoritas pro-Barat berkuasa di Kyiv pada tahun 2014, ia mendukung intervensi militer Rusia, bahkan jika kota kelahirannya di Lysychansk rusak oleh pertempuran.



Sumber : Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x