Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu AS akan Bertemu Menlu China di Sela Acara G20, Tidak Ada Pertemuan Formal dengan Rusia

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 11:55 WIB
menlu-as-akan-bertemu-menlu-china-di-sela-acara-g20-tidak-ada-pertemuan-formal-dengan-rusia
Pertemuan Menlu AS dan China Oktober 2021 lalu. Menlu AS Antony Blinken akan bertemu Menlu China Wang Yi di sela-sela acara Menlu negara G20, yang berlangsung di Bali 7-8 Juli 2022 (Sumber: MoFA Peoples Republic of China)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan bertemu dengan mitranya, Menlu China Wang Yi minggu ini pada pertemuan para menteri luar negeri dari kelompok negara-negara G20 yang kemungkinan akan memperburuk perpecahan atas perang Rusia di Ukraina, seperti laporan Associated Press, Selasa, (6/7/2022)

Sementara hubungan AS-China yang tegang akan menjadi fokus pembicaraan Blinken dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pertemuan G-20 yang lebih luas di Indonesia dari negara-negara industri terkemuka hampir pasti akan dibayangi konflik Ukraina dan dampaknya terhadap ketahanan pangan dan energi global.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov rencananya akan hadir dalam pertemuan menlu G20, menandai pertama kalinya dia dan Blinken akan berada di ruangan yang sama, dan kota yang sama, pada waktu yang sama dalam hampir enam bulan.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan hari Selasa bahwa Blinken akan bertemu dengan Wang di Bali, tetapi tidak banyak yang bisa dikatakan tentang kemungkinan dia bertemu dengan Lavrov, yang dijauhi AS sejak serangan je Ukraina pada Februari.

Para pejabat AS menuduh Lavrov dan diplomat Rusia lainnya kurang serius menjelang perang Ukraina.

Pemerintahan Biden mengesampingkan "bisnis seperti biasa" dengan Rusia sementara Rusia tetap berada di Ukraina dan para pejabat AS mengatakan tidak akan ada diskusi formal antara Blinken dan Lavrov di Bali.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergei Lavrov Dipastikan Hadir di Pertemuan Menlu G20 di Bali Pekan Depan

Menlu Rusia Sergey Lavrov. Menlu AS Antony Blinken akan bertemu Menlu China Wang Yi di sela-sela acara Menlu negara G20. (Sumber: Biro Pers Kementerian Luar Negeri Rusia via AP)

Namun mereka tidak bisa mengesampingkan kemungkinan pertemuan kebetulan, yang akan menjadi pertemuan pertama mereka sejak terakhir kali bertemu di Jenewa bulan Januari lalu.

"Sekretaris (Menlu Blinken) bermaksud untuk terlibat sepenuhnya dalam G-20. Saya tidak akan membicarakan rencana apa pun dari Menteri Luar Negeri Lavrov ... tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa sekretaris (Blinken) akan menjadi peserta penuh dan aktif dalam G20, yang kami lihat sebagai forum yang berharga," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan.

Seperti banyak pertemuan diplomatik internasional baru-baru ini, salah satu bahasan pertemuan di Bali adalah Ukraina karena para peserta menyiapkan panggung untuk pertemuan puncak para pemimpin G20, yang juga akan diadakan di Bali, Indonesia, pada bulan November.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x