Kompas TV feature 100 hari keliling indonesia

KRI Bima Suci Jalankan Misi Kartika Jala Krida dan Pendidikan Taruna Taruni Angkatan Laut

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Perjalanan muhibah telah dimulai sauh telah dilepas di dermaga Surabaya menuju titik etape pertama. Perjalanan panjang KRI Bima Suci mulai destinasi awalnya di Batam. Etape menuju perairan hingga Asia Timur jauh dimulai dari Batam. Bima Suci pun mulai menjalankan fungsinya sebagai Kapal latih Taruna. 

KRI Bima Suci yang telah memulai perjalanan awal dari pangkalan Armada 2 Surabaya di awal Agustus 2018 menetapkan destinasi Pulau Batam sebagai penghujung etape 1 dari rangkaian muhibah internasional perdananya. 

Dalam misi operasi Kartika Jala Krida KRI Bima Suci membawa 103 kadet atau taruna-taruni Akademi TNI angkatan laut angkatan ke 65. Dalam masa pendidikan ini taruna taruni tentu tidak seperti penumpang kapal sipil karena mereka adalah bakal perwira TNI Angkatan Laut.

Dalam misi KJK ini ada 20 staf pelatih atau pengajar yang akan memberikan materi, pelajaran kali ini untuk pelaut yang sedang belajar tentang instrumen yang terdapat di kapal Bima Suci. 

Salah satu ciri khas kadet angkatan laut adalah genderang suling. Disetiap kesempatan setelah pelajaran di kelas para taruna berlatih alat-alat seperti yang digunakan ketika marching band, di angkatan laut alat-alat ini disebut genderang suling.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x