Kompas TV bisnis bumn

Satgas BLBI Sita Properti dan Terima Dana dari Peminjam BLBI Total Rp41 Triliun

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:10 WIB
satgas-blbi-sita-properti-dan-terima-dana-dari-peminjam-blbi-total-rp41-triliun
Ketua Dewan Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD dalam penyitaan aset oblihor BLBI di Bogor, Jawa Barat (22/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV/Dina Karina )

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pengarah Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Mahfud MD menyampaikan, hingga 21 Juni 2022 pihaknya telah menyita tanah obligor atau debitur BLBI seluas 22,33 ribu meter persegi. Tanah itu diperkirakan bernilai Rp22,67 triliun.

"Total perolehan Satgas BLBI hingga hari ini adalah tanah seluas 22.334.833 meter persegi dengan nilai Rp22.678.608.179," kata Mahfud MD saat menyita aset terkait BLBI, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Nilai tersebut termasuk tanah yang baru saja disita oleh aset BLBI. Yaitu lahan seluas 89,01 hektare senilai sekitar Rp2 triliun yang terkait dengan obligor PT Bank Asia Pasific atas nama Setiawan Harjono dan Hendrawan Harjono.


Setiawan Harjono adalah besan dari terpidana kasus korupsi KTP Elektronik, Setya Novanto. Sebelumnya, BLBI juga menyita  tanah seluas 21,44 ribu meter persegi senilai Rp20,67 triliun.

Baca Juga: Satgas BLBI Sita Aset di Bogor, Mahfud MD Ingatkan Obligor Jangan Main Kucing-kucingan

Sementara itu, total dana yang disetor ke kas negara dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp714,40 miliar. Uang itu didapat melalui proses pemanggilan dan penagihan kepada obligor atau debitur prioritas.

Dari jumlah itu, terdapat hasil penjualan lelang barang jaminan obligor atau debitur dan aset properti eks BLBI, senilai Rp36,02 miliar.

Selanjutnya, Satgas BLBI juga mendapat hasil penyitaan baik sita barang jaminan atau harta kekayaan lain obligor/debitur, serta penguasaan fisik aset properti eks BLBI, dengan total luas 20,24 ribu meter persegi yang diestimasikan bernilai Rp17,68 triliun.

Baca Juga: Satgas BLBI Sita Aset Klub Golf Bogor Raya Senilai Rp 2 Triliun Milik Obligor Duo Harjono

Aset properti dan lahan yang didapat, selain dilelang juga dimanfaatkan untuk kepentingan instansi pemerintahan lainnya, lewat skema Penetapan Status Penggunaan (PSP).

"Satgas BLBI telah melakukan Penetapan Status Penggunaan (PSP) kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) dan hibah kepada pemerintah daerah guna menunjang tugas dan fungsi negara atas aset BLBI dengan total luas 663,60 ribu meter persegi dan total nilai Rp1,51 triliun," kata Mahfud.


Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x