Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Umat Pagan Kuno Inggris Lakukan Ritual di Stonehenge Sambut Matahari Musim Panas

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 12:08 WIB
ribuan-umat-pagan-kuno-inggris-lakukan-ritual-di-stonehenge-sambut-matahari-musim-panas
Seorang penganut pagan di Stonehenge. Ribuan kaum druid, pagan, dan penganut New Age menyambut titik balik matahari musim panas di Stonehenge Inggris hari Selasa Subuh (21/6/2022). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV — Ribuan kaum druid, pagan, dan penganut New Age menyambut titik balik matahari musim panas di Stonehenge Inggris hari Selasa Subuh (21/6/2022), hari terpanjang dalam setahun di belahan bumi utara seperti dilansir Associated Press, Rabu, (22/6/2022)

Sekitar 6.000 orang berkumpul di Stonehenge, lingkaran batu kuno di Inggris selatan, untuk menyaksikan matahari terbit pada pukul 4:49 di pagi yang cerah, kata polisi setempat.

Ini adalah pertama kalinya orang yang bersuka ria diizinkan berkumpul di monumen Neolitikum Stonehenge untuk merayakan titik balik matahari sejak 2019. Matahari terbit disiarkan secara online pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi virus corona.

Kerumunan itu mengangkat tangan mereka di udara dan bersorak sorai bergembira, bergembira semua saat matahari terbit di cakrawala.

Beberapa melakukan ritual pagan dan menyanyikan lagu, dan banyak yang memeluk erat batu kuno di sana sebagai bagian dari upacara.

Banyak orang lain bangun lebih awal dan melakukan perjalanan ke sana hanya untuk menyerap suasana alam dan energi semesta

Ribuan orang berduyun-duyun ke Stonehenge untuk menandai titik balik matahari musim panas.

Titik balik matahari musim panas terjadi ketika salah satu kutub bumi miring paling dekat ke arah matahari di belahan bumi utara menandai hari dengan siang hari terpanjang dalam setahun, dan juga secara resmi menandai awal musim panas.

Baca Juga: Terkuak, Inilah Sisa Wajah Firaun Amenhotep I, Penguasa Mesir Kuno 1.500 Tahun Sebelum Masehi

Ribuan kaum druid, pagan, dan penganut New Age menyambut titik balik matahari musim panas di Stonehenge Inggris hari Selasa Subuh (21/6/2022). (Sumber: AP Photo)

Druid adalah anggota kelas tinggi dalam budaya Celtic kuno, pemimpin agama serta otoritas hukum, hakim, penyimpan kisah kuno, medis profesional jaman itu dan sekaligus penasihat politik. Druid tidak meninggalkan catatan tertulis.

Paganisme berakar pada agama-agama pra-Kristen di Eropa. Kemunculannya kembali di Inggris sejajar dengan negara-negara barat lainnya, di mana ia telah berkembang pesat sejak 1950-an.

Seperti penjelasan dari kitab panduan pelayanan kesehatan Inggris, infrastruktur sosial paganisme mencerminkan nilai penghargaan komunitas pagan pada kesatuan dalam keragaman; terdiri dari jaringan tradisi yang saling terkait dan kelompok-kelompok lokal yang dilayani oleh beberapa organisasi yang lebih besar.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/NHS


BERITA LAINNYA



Close Ads x