Kompas TV nasional agama

Cerita Wakaf Habib Bugak Asyi di Makkah yang Berumur 200 Tahun, Jadi Barakah untuk Jemaah Aceh

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 05:59 WIB
cerita-wakaf-habib-bugak-asyi-di-makkah-yang-berumur-200-tahun-jadi-barakah-untuk-jemaah-aceh
Gedung Wakaf Aceh atau Wakaf Habib Bugak Asyi di Makkah yang barakahnya mengalir sampai hari ini (Sumber: Badan Wakaf Indonesia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

MAKKAH, KOMPAS.TV – Wakaf Habib Bugak Asyi di Makkah terus mengalirkan barakahnya hingga hari ini, ke para jemaah dari Aceh yang tahun ini berangkat haji. 

Pada gelaraan jemaah haji 2022 tahun ini, Jemaah calon haji dari Embarkasi Aceh (BTJ) menerima wakaf bernama Wakaf Baitul Asyi sebesar 1.500 Riyal atau setara Rp6 juta di Mekkah.

"Uang ini tolong dimanfaatkan dengan baik," kata Pembina Yayasan Wakaf Baitul Asyi Jamaluddin Affan di Hotel Shoqreyah, Raudah, Mekkah, Selasa malam waktu setempat dikutip Antara pada Rabu (22/6/2022)

Sebanyak 2.022 jamaah asal Aceh mendapatkan wakaf tersebut secara tunai yang diberikan langsung oleh Nazir (penyalur nazar wakaf) Syaikh Abdul Latif Baltou.

Jamaah menerima dana wakaf saat tiba di penginapan masing-masing, setelah dua hari berada di Makkah.

Wakaf itu diserahkan langsung oleh pengurus wakaf, dan diterima langsung para jamaah haji sebagai penerima tanpa boleh diwakili orang lain.

Baca Juga: Efek Cuaca Sangat Panas, Kemenag Imbau Jemaah Haji Tidak Paksakan Diri Salat di Masjidil Haram

Apa itu Wakaf Habib Bugak Asyi

Wakaf Baitul Asyi merupakan wakaf Habib Bugak Asyi yang sekarang disebut wakaf Baitul Asyi atau wakaf rumah Aceh.

Wakaf ini usianya sudah 200 tahun. 

Dulu, wakaf ini merupakan wakaf kecil. Namun seiring waktu, wakaf ini terus berkembang menjadi wakaf produktif yakni berupa tanah, penginapan, dan unit usaha lain di Mekkah, bahkan ada di sekitaran Masjidil Haram.



Sumber : Kompas TV/Antara/Bwi.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x