Kompas TV regional hukum

Polri akan Segera Bentuk Polsek, Polres hingga Satuan Brimob di IKN

Kompas.tv - 19 Juni 2022, 07:30 WIB
polri-akan-segera-bentuk-polsek-polres-hingga-satuan-brimob-di-ikn
Ilustrasi polisi. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menambah kekuatan pengamanan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan membentuk polres, polsek, hingga satuan Brimob.

"Untuk IKN ini, akan dibentuk satu kepolisian resor dan satu kepolisian sektor," kata Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto di Balikpapan pada Sabtu (19/6/2022).

Baca Juga: Kapolri Resmi Punya Kewenangan untuk Tinjau Ulang Putusan Sidang Etik Brotoseno

Selain itu, kata Imam, juga akan ada pengembangan satuan Brigade Mobil (Brimob), unit khusus kepolisian dengan berbagai tugas pula. 

Lalu, tak jauh dari IKN di Tenggarong, akan ditempatkan batalion pelopor untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan.

Menurut Imam, penambahan kekuatan tersebut sudah berdasarkan kajian secara detail berbagai aspek mengenai keamanan dan pengamanan IKN.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-76 di Titik Nol Kilometer, Kapolri Gandeng Seluruh Elemen Bangsa untuk Dukung IKN

Saat ini, wilayah IKN masih dalam yurisdiksi atau kewenangan Polsek Semoi dan Sepaku di bawah Polres Penajam Paser Utara.

Ia menjelaskan bahwa kepolisian resor atau polres adalah satuan atau unit kerja polisi dalam wilayah hukum satu kota atau satu kabupaten. Komandannya seorang polisi karier berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP).

Bila jumlah penduduk kabupaten atau kota tersebut mencapai 1 juta jiwa atau lebih, maka jabatan kepala polres (kapolres) berpangkat komisaris besar (kombes) polisi.

Baca Juga: Polri Tetapkan 23 Orang Jadi Tersangka Buntut Konvoi Kelompok Khilafatul Muslimin

Sementara itu, kepolisian sektor merupakan unit di bawah polres dengan wilayah satu kecamatan, dan dipimpin seorang ajun komisaris polisi (AKP).

Pada kecamatan-kecamatan yang memiliki perbatasan langsung dengan distrik-distrik di Sarawak atau Sabah, Malaysia di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara, polsek dipimpin seorang komisaris polisi (kompol).

Hal itu untuk mengimbangi pangkat penguasa polis, perwira Polis Diraja Malaysia (PDM) yang menjadi rekanannya dalam menegakkan keamanan dan ketertiban di sisi Malaysia.

Baca Juga: Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto Temui Kapolri, Sinergi Berantas Mafia Tanah

Selain polisi, saat ini juga di wilayah IKN sudah aktif berpatroli satu regu berkekuatan 12 personel TNI dari Kodam VI Mulawarman. 

Jumlah personel itu, kata Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Rumekso, bisa ditingkatkan hingga satu peleton sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 40 Saksi Diperiksa, Polri Gali Tindakan Mark Up dan Data Fiktif Kasus Korupsi Gerobak di Kemendag


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x