Kompas TV nasional rumah pemilu

SMRC: Tren Prabowo di Pemilih Nasdem Pemilu 2019 Tergerus Anies dan Ganjar

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 22:50 WIB
smrc-tren-prabowo-di-pemilih-nasdem-pemilu-2019-tergerus-anies-dan-ganjar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menurut SMRC, kini nama Prabowo Subianto tergerus kehadiran Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA KOMPAS.TV - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkap nama Prabowo Subianto sempat mendominasi sebagai capres di pemilih Partai Nasdem 2019. 

Namun seiring waktu, elektabilitas atau keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra mulai tergerus oleh nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Hal ini dinilai sebagai faktor yang membuat menteri pertahanan itu tidak diusulkan oleh DPW Partai Nasdem saat Rakernas partai sebagai Capres yang diusung Nasdem di Pilpres 2021, selain Prabowo sebagai tokoh Partai Gerindra. 

Baca Juga: Rekomendasi Capres 34 DPW NasDem: Tak Ada Nama Prabowo, Anies Paling Banyak Diusulkan

Pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan, dalam hasil survei Desember 2021, nama Prabowo Subianto mendapat 57 persen suara dari pemilih Partai Nasdem di Pemilu 2019.

Kemudian di survei Maret 2022, elektabilitas Prabowo turun menjadi 22 persen suara dan turun lagi menjadi 12 persen suara saat survei Mei 2022.

Sedangkan elektabilitas Anies dan Ganjar perlahan naik di pemilih Partai Nasdem. Survei Desember 2021, Anies mendapat 11 persen suara dan Ganjar 22 persen suara di pemilih Partai Nasdem Pemilu 2019.

Di survei Maret 2022, nama Anies dan Ganjar naik di pemilih Partai Nasdem. Anies mendapat 26 persen dan Ganjar 27 persen suara.


Baca Juga: Anies dan Ganjar Masuk Bursa Capres, SMRC: Usul Elite Nasdem Cukup Konsisten dengan Aspirasi Publik

Elektabilitas keduanya naik lagi di pemilih Nasdem di Pemilu 2019 yakni Anies mendapat 31 persen dan Ganjar 41 persen suara dalam survei SMRC pada Mei 2022.

"Ini menarik, beberapa waktu lalu Prabowo bertemu Surya Paloh, ada spekulasi koalisi antara keduanya. Tetapi jika dilihat dari sentimen pemilih Nasdem terhadap Prabowo terjadi perubahan yang drastis, ini menarik," ujar Saiful saat diskusi yang ditayangkan di YouTube SMRC TV, Sabtu (18/6/2022).

Saiful menambahkan dari survei ini juga bisa diambil kesimpulan peluang Nasdem berkoalisi dengan Gerindra di Pemilu 2024 sangat kecil.

Sebab, ditingkat pemilih Nasdem, semakin lama meninggalkan Prabowo Subianto sebagai Capres.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x