Kompas TV nasional rumah pemilu

Rekomendasi Capres 34 DPW NasDem: Tak Ada Nama Prabowo, Anies Paling Banyak Diusulkan

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 17:35 WIB
rekomendasi-capres-34-dpw-nasdem-tak-ada-nama-prabowo-anies-paling-banyak-diusulkan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) tidak masuk dalam rekomendasi bakal capres dari DPW NasDem. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengungkapkan 34 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) telah menyampaikan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden (Capres) untuk Pilpres 2024 dalam acara rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar pada hari ini, Kamis (16/6/2022).

Menurut penjelasannya, terdapat 24 nama berbeda yang telah direkomendasikan oleh masing-masing DPW, di mana nantinya akan dikerucutkan menjadi 3 nama. 

Menariknya, dalam nama-nama yang diusulkan oleh 34 DPW NasDem itu tidak ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Padahal, Prabowo kerap masuk dalam peringkat tiga besar bakal capres dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga.

Selain Prabowo, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga tidak tercantum di daftar yang diusulkan tersebut. 

Terkait hal itu, Willy menilai pemilihan nama tersebut merupakan keinginan dari DPW yang pasti memiliki catatan tersendiri sehingga Prabowo dan AHY tidak diusulkan.

"Mungkin teman-teman DPW memiliki catatan yang tidak menginginkan asosiasi figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu," kata Willy seperti dikutip dari Antara, Kamis. 

Lebih lanjut dia menuturkan, hal tersebut dinilai wajar, terlebih dalam daftar capres yang diusung 34 DPW NasDem tidak ada nama ketua umum dari partai politik lain.

Sementara soal peluang Prabowo dan AHY diusung NasDem, Willy menyebut pihaknya akan tetap mengutamakan usulan nama-nama yang disampaikan seluruh DPW Partai NasDem.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jawab Dukungan Nasdem untuk Capres 2024: Saya PDI Perjuangan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x