Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Semua Bayi Baru Lahir di Kherson Dapat Kewarganegaraan Rusia, Ukraina Murka

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 05:35 WIB
semua-bayi-baru-lahir-di-kherson-dapat-kewarganegaraan-rusia-ukraina-murka
Pemerintahan proksi Rusia di Kherson Ukraina memberi kewarganegaraan Rusia kepada bayi baru lahir, Ukraina murka. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Ketika pasukan Ukraina melanjutkan serangan balik untuk merebut kembali tanah di selatan Ukraina, Rusia mengambil langkah lain dalam upayanya untuk memperdalam cengkeramannya di wilayah tersebut.

Pemerintah setempat proksi Rusia di wilayah Kherson dilaporkan mengumumkan semua bayi yang baru lahir di Kherson akan diberikan kewarganegaraan Rusia.

"Anak-anak yang lahir setelah 24 Februari di wilayah Kherson akan secara otomatis menerima kewarganegaraan Federasi Rusia," kata Kirill Stremousov, wakil kepala pemerintahan regional Moskow, kepada kantor berita Rusia RIA Novosti, merujuk pada tanggal serangan Rusia ke Ukraina, seperti laporan New York Times, Jumat (17/6/2022).

Anak yatim juga akan terdaftar sebagai warga negara Rusia, katanya.

Langkah itu dilakukan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit untuk mempercepat proses kewarganegaraan bagi warga Ukraina yang tinggal di wilayah pendudukan dan pemerintah setempat mulai mengeluarkan paspor Rusia kepada penduduk setempat.

Ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas oleh Moskow untuk mengintegrasikan wilayah pendudukan dengan Rusia.

Ada tanda-tanda yang berkembang bahwa gerilyawan dan loyalis Ukraina yang tinggal di daerah-daerah pendudukan memperumit rencana Kremlin.

Baca Juga: PBB: Hampir Dua Per Tiga Anak-anak Ukraina Harus Mengungsi dan Tinggalkan Rumah

Seorang ibu dan anak Ukraina, di persimpangan perbatasan di Medyka, Polandia, Polandia, Selasa, 8 Maret 2022. Pemerintahan proksi Rusia di Kherson Ukraina memberi kewarganegaraan Rusia kepada bayi baru lahir, Ukraina murka. (Sumber: AP Photo/Visar Kryeziu)

Proksi politik Rusia mendapat serangan, partisan Ukraina membantu mengarahkan serangan militer Ukraina di belakang garis pertahanan musuh, guru sekolah menolak untuk mengajarkan kurikulum Rusia dan banyak pekerja penting menolak bekerja untuk otoritas lokal yang mendukung Rusia.

“Pihak berwenang Rusia terus menghadapi kesulitan dalam mengimplementasikan agenda pendudukan mereka,” sebut Institute for the Study of War, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington, mengatakan dalam analisis terbarunya tentang konflik tersebut.



Sumber : New York Times/RIA Novosti


BERITA LAINNYA



Close Ads x