Kompas TV nasional politik

Partai NasDem Gelar Rapat Kerucutkan 3 Nama Capres, Anies dan Ganjar Mendominasi

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 04:25 WIB
partai-nasdem-gelar-rapat-kerucutkan-3-nama-capres-anies-dan-ganjar-mendominasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kongres Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam. Anies duduk di barisan paling depan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber: KOMPAS.COM/NURSITA SARI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem tengah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional 2022 dengan agenda pokok menentukan nama calon presiden atau capres yang nantinya akan diajukan pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memastikan bakal capres yang akan dipilih oleh partainya merupakan sosok terbaik dari yang paling baik.

Baca Juga: Tanggapi Soal Kabar Diusulkan jadi Capres di Rakernas Nasdem, Ini Kata Ganjar..

Namun demikian, Surya Paloh menegaskan, voting yang dipilih oleh DPW Partai NasDem tersebut bukan berarti akan otomatis dipilih sebagai kandidat capres dari partainya.

"Belum tentu (dipilih), karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama, siapa pun itu," kata Surya Paloh di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Partai NasDem 2022, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Adapun dari sejumlah nama capres yang muncul, sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata mendominasi sebagai bakal capres yang diusulkan oleh DPW Partai NasDem.

Dari 34 DPW yang mengusulkan nama capres tersebut, hanya dua DPW yang tidak mengusulkan nama Anies Baswedan, yakni Papua Barat dan Kalimantan Timur.

Baca Juga: Rekomendasi Capres 34 DPW NasDem: Tak Ada Nama Prabowo, Anies Paling Banyak Diusulkan

Selain Anies, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga dipilih paling banyak kedua yang diusulkan oleh DPW NasDem setelah Anies.

Menurut Surya Paloh, nama-nama yang diusulkan 34 DPW cukup positif dari aspirasi para peserta Rakernas Partai NasDem ini.

"Nanti, pada waktunya (besok malam) akan diumumkan," ujar Surya Paloh.

Surya Paloh pun menanggapi soal permintaan para kader agar nama bakal capres yang diusulkan yakni Anies  Baswedan dan Ganjar Pranowo dipinang oleh NasDem.


Baca Juga: Diisukan Renggang, Ganjar Pranowo Hadiri Konsolidasi PDI-P di Lenteng Agung

Menurut dia, hal tersebut akan dilihat nanti karena dirinya sejauh ini belum pernah bertemu dan bicara serius mengenai itu.

"Memang wacananya ada, tapi belum pernah bicara. Mungkin setelah besok kita lihat," ujar Surya Paloh.

"Partai NasDem memberikan penekanan dari aspek kualitas dan responsibilitas yang mumpuni untuk bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik."

Pada Pembukaan Rakernas Partai NasDem 2022, Paloh mengatakan, Indonesia memerlukan pemimpin yang bisa membangkitkan Indonesia pasca pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x