Kompas TV olahraga kompas sport

Paguyuban Suporter Timnas Desak PSSI Pertahankan STY: Lolos Piala Asia 2023 Bukti, Siapa Berjasa?

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 11:02 WIB
paguyuban-suporter-timnas-desak-pssi-pertahankan-sty-lolos-piala-asia-2023-bukti-siapa-berjasa
Shin Tae yong (STY) saat bersama Ketua PSSI Mochamad Iriawan. Efek hasil Piala Asia 2023, suporter mendesak untuk tidak memindahkan STY ke tim junior (Sumber: Kompas.com/Hafidz Imaduddin)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 membawa pertanyaan besar, apakah wacana memindahkan pelatih Shin Tae-yong (STY) ke Timnas Junior yang dilontarkan Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule akan benar-benar terjadi?

Wacana ini, menurut pengamat sekaligus Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro dianggap tidak bijak di tengah Timnas yang sudah berjuang hebat untuk lolos ke Piala Asia 2023. 

Menurutnya, federasi, khususnya ketua PSSI Iwan Bule harus melihat potensi STY yang dianggapnya lebih pas untuk senior, bukan malah dipindahkan ke level junior.  

Apalagi, wacana pemindahan STY untuk ke tim usia junior kian kencang selama Timnas bertanding di kualifikasi Piala Asia 2023.

Ia pun mendesak agar PSSI mempertahankan posisi STY di Timnas Senior.

“Hasil ini menjawab bahwa Shin Tae-yong layak untuk senior dan harus dipertahankan oleh ketua PSSI Iwan Bule,” ujarnya dalam pesan yang diterima KOMPAS.TV, Rabu pagi (15/6/2022).  

Indro juga menyebut, di kualifikasi Piala Asia 2023 jadi pembuktian kualitas STY. 

“Di 3 pertandingan ini STY cukup jeli melihat mana pemain-pemain yang dibutuhkan untuk menghadapi lawan-lawannya,” ujarnya.

Bagi Indro, salah satu hal positif yang dibawa STY adalah mampu membawa anak asuhnya punya daya juang yang tinggi.

“Dan dia mampu membangkitkan fighting spirit dari para pemain. Semalam lawan Nepal keliatan jelas pemain kita tetap ngotot untuk mencetak gol demi gol meski sudah menang,” ujarnya.

Baca Juga: PSSI: Saran Warganet Terkait Posisi Shin Tae-yong di Timnas akan Dipertimbangkan

Baca Juga: Soal Artikel Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait Berkat Ketum PSSI, Iwan Bule: Tanya Penulisnya!

Jasa STY dan Peran Penting Suporter

Bagi Indro, keberhasilan STY ini membuktikan jasa dia membawa lagi Garuda ke pentas Asia setelah kali terakhir tahun 2007.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x