Kompas TV nasional sosial

Kunjungi Mal Sarinah, Megawati Ceritakan Sejarah Singkat Marhaen dan Tertawa Bersama Erick Thohir

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 16:56 WIB
kunjungi-mal-sarinah-megawati-ceritakan-sejarah-singkat-marhaen-dan-tertawa-bersama-erick-thohir
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjelaskan tentang istilah marhaen di sela-sela kunjungannya ke Mal Sarinah, Senin (13/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjelaskan tentang istilah marhaen di sela-sela kunjungannya ke Mal Sarinah, Senin (13/6/2022).

Menurut Megawati, Marhaen adalah nama seorang petani yang ditemui oleh mendiang ayahnya, Soekarno, di daerah Jawa Barat.

“Marhaen itu nama seorang petani yang ditemukan oleh Bung Karno di Jawa Barat. Kalian yang muda-muda, silakan nanya, ada tempatnya, namanya Pak Marhaen,” ucap Megawati.

Mantan Presiden RI ini juga menjelaskan, bahwa Bung Karno, ayahnya, melihat petani Indonesia saat itu tradisional sekali.

Baca Juga: Tepis Keretakan Hubungan, Jokowi: Megawati Seperti Ibu Saya Sendiri!

“Jadi kalau bagi Bung Karno, melihatnya, mereka punya sesuatu sendiri, tetapi tidak bisa memperbesar.”

“Katakan kalau punya pacul (cangkul) satu, ya hanya satu saja. Nah, keinginan beliau adalah, semua rakyat Indonesia harus menjadi sebuah negara yang gemah ripah loh jinawi,” lanjutnya.

Saat mengunjungi Mal Sarinah, Megawati juga sempat bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mengutip Kompas.com, pertemuan itu dilakukan di tengah kegiatan Megawati mengunjungi pusat perbelanjaan itu dalam rangka meninjau sejumlah lokasi, termasuk Galeri Bung Karno.

Megawati yang datang mengenakan setelan berwarna hijau terlihat didampingi oleh keponakannya, Puti Guntur Soekarno.

Selain itu, terlihat pula mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Megawati juga terlihat berfoto dan berbincang bersama Triawan.

Baca Juga: Diisukan Retak, Jokowi dan Megawati Kembali Bertemu. Ini Kata Politisi PDI-P - ROSI

Ada momen menarik ketika Megawati bertemu Erick Thohir. Hal itu terjadi ketika Megawati tampak tertawa lepas saat berbincang dengan Erick.

Momen itu pun sempat diabadikan oleh sejumlah awak media karena melihat keduanya yang tampak begitu akrab.

Tetapi, tidak diketahui hal apa yang disampaikan Erick kepada Megawati sehingga membuatnya tertawa. Sesaat kemudian, keduanya kembali berkeliling di dalam Mal Sarinah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x