Kompas TV video sinau

Kalahkan Timnas Indonesia U-23, Ternyata Ini Fakta di Balik Guinea yang Harus Diketahui | SINAU

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 22:27 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Fakta-fakta negara Guinea 

1.Masjid Terbesar ke 4 di Afrika
Sebagai informasi, 90 persen penduduk Guinea memeluk agama Islam. Di sana terdapat Masjid Adung Conakry yang menjadi masjid terbesar ke-4 di Afrika.
Dibuka tahun 1982, masjid ini mampu menampung 25 ribu jemaah.

2.Marak Dukun Tradisional
Mayoritas atau sekitar 80 persen warga Guinea lari ke dukun  saat sakit
Dukun atau praktisi pengobatan tradisional ini mencari ramuan di hutan dan kekuatan Ilahi untuk menyembuhkan orang yang tengah sakit. 

3.Sumber Daya Alam Melimpah
Guinea memiliki deposit emas, uranium dan berlian. Tak hanya itu, Guinea adalah negara ke-2 yang memiliki cadangan bauksit terbanyak dengan jumlah 1,8 miliar ton metrik. Kendati demikian, kekayaan tersebut tidak mendorong pendapatan per kapitanya.

Berdasarkan data World Bank, tahun 2021 PDB Guinea hanya sebesar 962 Dollar AS lebih rendah dari rata-rata negara Afrika yang sebesar 1.600 dolar AS.

4.Pemain Akrobat Terbaik 

Diketahui sekolah akrobatik paling bergengsi di Afrika adalah Keita Fodeba Centre for Acrobatic Arts yang didirikan tahun 1988. Siswa di sekolah tersebut berusia antara 10-20 tahun dan belajar program literasi dan pelatihan.

5.Situs Warisan Dunia UNESCO
Taman Alam Ketat Gunung Nimba adalah situs warisan dunia UNESCO di Guinea yang berbagi dengan Pantai Gading. Taman tersebut meliputi pegunungan, savana, hutan lebat dan padang rumput termasuk Rentang Nimba. 
Rantai Gunung Nimba berpuncak di Gunung Nimba gunung tertinggi di Guinea dan Pantai Gading dengan ketinggian 1.752 meter. Di sana jadi rumah untuk katak viviparous dan simpanse.

Baca Juga: Warganet Serang Guinea dengan Hinaan Rasis, Akun Timnas Indonesia Minta Maaf

Editor Video: Joshua Victor




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x