Kompas TV regional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta Hingga 17 Juni

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 12:44 WIB
peringatan-dini-bmkg-waspada-banjir-rob-di-pesisir-utara-jakarta-hingga-17-juni
Ilustrasi. Peringatan dini BMKG soal banjir rob di pesisir utara Jakarta sejak 11 Juni hingga 17 Juni 2022 (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Akun Instagram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Maritim Tanjung Priok mengunggah peringatan dini banjir pesisir (rob) di wilayah pesisir utara Jakarta.

Peringatan dini banjir rob berlaku selama seminggu sejak 11 Juni 2022 hingga Jumat, 17 Juni 2022 dari pukul 20.00-24.00 WIB.

Adapun wilayah yang patut waspadai, yakni Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

"#SobatMaritim berikut kami sampaikan peringatan dinu banjir pesisir (Rob) yang berlaku 11 Juni-17 Juni 2022," tulisan yang diunggah ke akun Instagram tersebut dikutip KOMPAS.TV Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: Bea Cukai Semarang akan Permudah Cek Barang Ekspor Akibat Banjir Rob

BMKG Priok juga menjelaskan penyebab terjadinya banjir rob di pesisir utara Jakarta. Hal ini disebabkan fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan dengan bumi).

Atas hal itu, maka diprediksi akan berpotensi terhadap peningkatan ketinggian air laut maksimum terutama malam hari.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengantisipasi atas dampak pasang maksimum air laut tersebut.

Selain itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap siaga dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui berbagai kanal informasi resmi.

Baca Juga: Fenomena Perigee Disebut Jadi Penyebab Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng, Apa Artinya?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x