Kompas TV bisnis kebijakan

Luhut Teken Surat Audit Perusahaan Sawit dan Minyak Goreng Hari Ini

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 15:11 WIB
luhut-teken-surat-audit-perusahaan-sawit-dan-minyak-goreng-hari-ini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

KARAWANG, KOMPAS.TV - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, telah menandatangani surat perintah audit terhadap perusahaan kelapa sawit dan minyak goreng. Dengan ditekennya surat tersebut, audit akan segera dimulai.

"Iya, akan mulai. Hari ini akan saya tanda tangan, nanti BPKP mulai audit," kata Luhut kepada wartawan usai peresmian investasi PT Nestle Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/6/2022).

Luhut menyampaikan, pasokan dan harga minyak goreng curah kini sudah mulai membaik. Pihaknya juga masih akan terus memantau distribusi minyak goreng di sejumlah daerah dalam waktu dekat, Semarang dan Surabaya.

"Masih ada yang tersekat akibat sudah sekian lama. Nanti juga saya ke Surabaya, saya agak banyak keliling," ujarnya.

Baca Juga: Luhut Sebut Harga dan Stok Minyak Goreng Curah Akan Membaik dalam 3 Minggu

Sepekan setelah larangan ekspor CPO dicabit, Luhut berharap harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di tingkat petani bisa segera membaik.

"Suplai sudah makin oke, kalau ini biaya keluarnya hari ini keluar, flush out-nya selesai, saya kira harga petani akan naik sampai lebih dari Rp2.500 per kilogram. Sekarang masih Rp1.500an, kita berharap nanti mungkin satu, dua minggu ke depan sudah akan naik ke Rp2.500," tuturnya.

Sebelumnya, Luhut menyatakan akan turut membenahi sektor hulu industri minyak goreng seiring dengan tugas baru yang diberikan Presiden Jokowi.

Luhut memang diminta Jokowi untuk menyelesaikan masalah distribusi minyak goreng curah di Jawa dan Bali.

Baca Juga: Luhut Ajak Pengusaha Belanda Berinvestasi di IKN



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x