Kompas TV internasional kompas dunia

PM Inggris Boris Johnson Hadapi Voting Mosi Partai Konservatif Malam Ini, Terancam Didepak

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 21:01 WIB
pm-inggris-boris-johnson-hadapi-voting-mosi-partai-konservatif-malam-ini-terancam-didepak
Ilustrasi. Perdana Menteri Inggris Raya Boris Johnson ketika menghadiri upacara penobatan Ratu Elizabeth II yang ke-70 di London, Minggu (5/6/2022). Pada Senin (6/6/2022), Johnson bakal menghadapi voting mosi Partai Konservatif yang terancam melengserkannya. (Sumber: Chris Jackson/Pool Getty Images via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Inggris Raya Boris Johnson bakal menghadapi voting mosi Partai Konservatif pada Senin (6/6/2022). Apabila anggota-anggota parlemen dari Konservatif menetapkan mosi tidak percaya, Johnson mesti lengser dari pos ketua partai sekaligus perdana menteri.

Apabila Johnson kalah, Partai Konservatif yang memimpin parlemen saat ini mesti mencari ketua sekaligus perdana menteri baru. Jika menang, jabatannya tidak akan ditentang mosi hingga setidaknya setahun mendatang.

Voting mosi ini menjadi momen titik rendah baru dalam karier politik Johnson yang merosot belakangan akibat skandal “Partygate”. Politikus 57 tahun itu dan stafnya ketahuan berulangkali mengadakan pesta miras selama masa pembatasan Covid-19 pada 2020 dan 2021, sesuatu yang ditetapkan pemerintahan Johnson sendiri.

Voting mosi tersebut sekaligus menunjukkan perpecahan di tubuh Konservatif, hanya tiga tahun setelah Johnson memimpin partai meraih pemilu terbesar beberapa dekade belakangan.

Baca Juga: PM Inggris Boris Johnson Klaim Rusia Gagal di Ukraina, Ini 2 Alasannya

Pejabat Partai Konservatif Graham Brady mengumumkan, bahwa ia telah menerima surat permintaan mosi dari sedikitnya 54 anggota parlemen Konservatif, cukup untuk memenuhi syarat sesuai aturan partai tersebut. 

“Ambang batas 15% (dari anggota parlemen asal Partai Konservatif) telah dipenuhi,” kata Brady dikutip Associated Press. Ia menyatakan bahwa voting mosi akan dilakukan pada Senin (6/6) malam waktu setempat.

“Hari ini adalah kesempatan untuk mengakhiri berbulan-bulan spekulasi dan membiarkan pemerintah menetapkan batasan lalu beranjak, mengurus prioritas-prioritas rakyat,” lanjutnya.

Sejumlah pengamat politik menduga Johnson akan memenangkan mosi dengan dukungan lebih dari 180 anggota parlemen Konservatif. Namun, dukungan atas kepemimpinannya juga diperkirakan akan melemah.

Perdana Menteri Inggris Raya terakhir yang memenangkan voting mosi adalah Theresa May pada 2018 silam. Meskipun demikian, dukungan terhadap May setelah mosi melemah hingga ia terpaksa mengundurkan diri dalam kurun beberapa bulan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x