Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Japesda Lepasliarkan 74 Tukik Penyu Hasil Adopsi

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 19:23 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO UTARA, KOMPAS TV - Pegiat lingkungan yang tergabung dalam Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam atau Japesda Gorontalo melepasliarkan 74 penyu di pantai Desa Dunu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Aksi melepasliarkan penyu dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022.

Puluhan penyu yang dilepasliarkan merupakan tukik penyu yang telah diadopsi oleh sekelompok warga yang mengatasnamakan Sinar Penyu.

Gerakan adopsi penyu ini diinisiasi oleh Japesda, hal ini dilakukan untuk membantu kelompok konservasi Sinar Penyu yang saat ini kesulitan biaya dalam penangkaran tukik penyu.

Kelompok konservasi Sinar Penyu merupakan 5 warga yang dulunya merupakan pemburu dan suka memakan penyu dan telurnya, seiring waktu, kelima orang tersebut sadar dan akhirnya memilih untuk melakukan penyelamatan penyu di desanya.

Konsep adopsi penyu ini dibuka untuk masyarakat umum dengan membayar uang pengganti operasional sebesar 10 ribu rupiah pertelur.

Selain gerakan adopsi penyu, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dimanfaatkan dengan melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastic, pasalnya sampah plastik masih menjadi salah satu ancaman serius bagi habitat Penyu di Desa Dunu, Kabupaten Gorontalo Utara.

 

#harilingkunganhidupsedunia

#japesda

#gorontalo

#penyu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x