Kompas TV nasional politik

Ketum PPP Sebut KIB Terbuka untuk Capres dari Luar Koalisi

Minggu, 5 Juni 2022 | 04:05 WIB
ketum-ppp-sebut-kib-terbuka-untuk-capres-dari-luar-koalisi
Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Golkar Airlanggar Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa berfoto bersama di Silaturahmi Nasional KIB, di Jakarta, Sabtu (4/6/2022) (Sumber: Istimewa)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menyebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap membuka kemungkinan untuk mengusung calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) dari luar koalisi.

Artinya, bisa juga KIB mengusung calon yang bukan kader partai koalisi, asalkan bisa disepakati partai-partai anggota koalisi yaitu Golkar, PAN, dan PPP.

“KIB tidak alergi (calon) dari luar koalisi, sepanjang memenuhi hal-hal yang kita sepakati secara bulat,” ujar Suharso Monoarfa saat menyampaikan pidatonya dalam acara Silaturahmi Nasional KIB, di Senayan, Jakarta, Sabtu (6/4/2022).

Baca Juga: Diundang ke Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu, Projo Akan Digandeng KIB?

Memang, kata Suharso, KIB belum membicarakan soal nama capres atau caawapres yang akan diusung pada 2024.

Tetapi dia menyatakan, kemungkinannya bisa beragam. KIB bisa mengusung capres-cawapres dari dalam koalisi, bisa juga dari luar koalisi. Bahkan bisa juga capres-cawapres yang diusung merupakan kombinasi antara kader partai anggota KIB dan tokoh di luar koalisi.

“Memang belum saatnya membicarakan pas cawapres, kemungkinan itu bisa dari dalam atau di luar koalisi atau kombinasi di antaranya,” paparnya.

Baca Juga: Klarifikasi Projo Soal Undangan Koalisi Indonesia Bersatu di Silahturahmi Nasional

Menurut Suharso dalam mengusung capres -cawapres, KIB bakal mempertimbangkan kemampuan, rekam jejak dan daya terima calon di masyarakat.

Namun dia menegaskan, KIB juga mempunyai tokoh-tokoh mumpuni yang pantas untuk maju menjadi calon presiden maupun calon wakil presiden di Pilpres 2024.

“Kami punya yang terbaik untuk Indonesia yang bersatu, berkemakmuran dan berkeadilan, karena itu mengapa harus menengok ke seberang sungai,” pungkas  Suharso.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan menyodorkan nama Ketua Umum Airlangga Hartarto ke Koalisi Indonesia Bersatu sebagai salah satu usulan calon presiden (Capres) dari partai berlambang pohon beringin tersebut.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, MPR RI Gelar Sarasehan Nasional di Jakarta

Ia menilai kedua partai politik (parpol) lainnya, yaitu PPP dan PAN akan memaklumi usulan dari Partai Golkar tersebut. 

"Pak Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan) dan Pak Suharso (Ketum PPP Suharso Monoarfa) tahu bahwa Golkar capres-nya adalah Pak Airlangga Hartarto," kata Doli kepada wartawan, Jumat (3/6/2022). 

Menurut dia, Partai Golkar mengusulkan Airlangga sebagai capres merupakan amanat dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) 2019 lalu. 

"Di Maret 2021 kami sudah putuskan bahwa capres kami adalah Pak Airlangga. Kenapa? Karena dia (Airlangga) adalah kader terbaik kami. Itu saya kira semuanya sudah tahu," ujarnya. 

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x